Kukuhkan Kepala BI Solo, Doni P Juwono Mengenang Nostalgia 15 Tahun Silam…

1 Maret 2024, 11:57 WIB

SOLO,LOKAWARTA.COM-Kota Solo memberi kesan mendalam bagi Deputy Kepala Bank Indonesia Doni Primanto Juwono.

Hal itu dia sampaikan ketika memberi sambutan dalam pengukuhan Dwianto Cahyo Sumirat sebagai Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, (1/3/2024).

“Lima belas tahun berlalu tapi kehangatan dan kebersamaan di Kota Solo masih terasa hingga kini,” kata Doni yang pernah memimpin kantor perwakilan Bank Indonesia Solo.

“Saya masih ingat saat debat Capres, dimana pada saat itu Pak Jokowi bertanya soal TPID pada Pak Prabowo. Pertanyaan itu dari kita,” kata Doni mengenang.

“Soal TPID, tim pengendali inflasi daerah, Kota Solo adalah jagonya. Solo menjadi kota pertama yang meraih TPID Award dari pusat,” kata Doni.

Selain mengenang masa lalu, Doni yang merupakan alumni UNS Surakarta itu juga mendorong pada pejabat yang dikukuhkan agar Bank Indonesia Solo memberi kontribusi lebih besar lagi bagi Kota Solo.

IMG 20240301 114636

Doni mengatakan, ekonomi dunia sedang tidak baik-baik saja. Cina yang merupakan salah satu kekuatan ekonomi dunia juga tidak lepas dari gangguan. Di Indonesia, meski ada gangguan, ekonomi juga tumbuh. Demikian pula Solo juga mengalami pertumbuhan, bahkan lebih tinggi dari angka nasional. Selain itu, angka inflasi juga terkendali.

“Saya mengapresiasi Kota Solo yang angka pertumbuhan ekonominya lebih tinggi dari angka nasional. Konsumsi masyarakat yang cukup besar karena banyak event juga terjaga, sehingga inflasi terkendali. Ini semua berkat kerja sama semua stake holder,” kata Doni.

Menurut dia, ada empat hal yang menjadi perhatian TPID dalam pengendalian inflasi. Yakni, pasokan komoditas terjaga, harga terjangkau, distribusi lancar, dan komunikasi dengan semua pihak.

“Pak Anto, saya minta BI memberi kontribusi lebih banyak lagi bagi Kota Solo. Solo itu besar, karena itu Pak Anto (Dwianto Cahyo Sumirat) harus bisa promosi ke Jakarta, kalau tidak bisa pasti ada yang keliru,” katanya berkelakar.

Sementara itu, pengukuhan Dwianto Cahyo Sumirat sebagai Kepala BI Solo, berlangsung sederhana. Selain pembacaan surat keputusan, doa, dan sambutan deputy kepala BI, juga sesi ucapan selamat dan foto bersama. Hadir wali kota dan wakil wali kota serta sejumlah pejabat Forkompinda Kota Surakarta.

Sebagai Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Dwianto Cahyo Sumirat menggantikan Nugroho Joko Prastowo yang promosi sebagai Kepala Grup Sektor Keuangan Departemen Kebijakan Makroprudensial BI pusat.(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait