4 Kelebihan GoTransit Bagi Penumpang KRL Solo-Jogja, yang Kedua Bisa Beli 4 Tiket Sekaligus

23 Februari 2023, 21:43 WIB

SOLO,LOKAWARTA.COM-Ada empat kemudahan bagi para penumpang Commuterline Solo-Jogja dan Kereta Prambanan Ekspress / Prameks Jogja-Kutoarjo yang memggunakan fitur GoTransit dalam aplikasi Gojek.

Keempat kemudahan itu adalah :

  1. Pembelian tiket secara non-tunai dan tanpa ada deposit saldo.
  2. Pembelian hingga empat tiket sekaligus dari satu aplikasi, yang berguna jika bepergian bersama.
  3. Transaksi yang tercatat di aplikasi, memudahkan untuk melakukan pemantauan pengeluaran.
  4. Ketersediaan moda transportasi penghubung (feeder) berupa layanan transportasi GoRide atau GoCar dalam satu aplikasi.

Ya, Gojek bersama KAI Commuter meresmikan kerja sama operasional untuk mendorong kemudahan mobilitas masyarakat serta wisatawan di Solo dan Jogja lewat GoTransit, Kamis (23/2/2023).

Bertempat di Pura Mangkunegaran, peresmian dihadiri manajemen Gojek dan KAI Commuter, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN serta Pemprov Jawa Tengah dan Pemkot Surakarta.

Peresmian itu diharapkan dapat jadi momentum pendorong kemudahan mobilitas masyarakat serta akses pariwisata antara dua wilayah melalui layanan transportasi multimoda yang terintegrasi, nyaman dan efisien.

Melalui ekspansi kerjasama Gojek dan KAI Commuter yang sebelumnya telah berjalan di Jabodetabek, kini masyarakat di lebih dari sembilan kota/kabupaten di Jateng-DIY lebih mudah mengakses dan membeli tiket transportasi publik cukup dengan satu aplikasi.

GoTransit menjadi salah satu produk ekosistem yang dapat mendukung pertumbuhan jangka panjang grup GoTo, khususnya dalam menarik konsumen baru yang mencari layanan mobilitas lengkap,” kata Direktur Utama GoTo Andre Soelistyo di sela peluncuran.

Dikatakan, ekspansi GoTransit menjadi wujud pengembangan produk dan layanan berbasis ekosistem terintegrasi (ecosystem product growth) untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang yang berkesinambungan, di mana Grup GoTo tengah berupaya mempercepat target profitabilitas dengan EBITDA yang disesuaikan menjadi positif di kuartal 4 tahun 2023 ini.

Sebelumnya, kerja sama Gojek dengan KAI Commuter untuk memudahkan pembelian tiket melalui layanan GoTransit diterima dengan baik oleh masyarakat di Jabodetabek.

Beberapa bulan setelah peresmian kerja sama operasional di Juni 2022, GoTransit telah menjadi pilihan utama untuk penjualan tiket secara digital dengan pangsa pasar sebesar 74% pada September 2022.

GoTransit juga mendorong penetrasi penggunaan tiket digital, sehingga penjualan tiket digital KCI meningkat 300% atau 3 kali lipat pada akhir tahun 2022.

Direktur Utama KAI Commuter – Suryawan Putra mengatakan, seiring transformasi digital yang berjalan di KAI Commuter, pihaknya melihat perilaku pengguna commuter semakin menginginkan layanan yang mudah dan nyaman dalam menggunakan commuterline.

Berkaca kesuksesan di Jabodetabek, KAI Commuter melanjutkan kerja sama dengan Gojek di Daop 6 Yogyakarta, untuk memudahkan pengguna KRL Solo-Jogja dan Prameks Jogja-Kutoarjo.

Dengan adanya fitur GoTransit, dia berharap masyarakat dan wisatawan di daerah Solo dan Yogyakarta untuk terus menggunakan transportasi publik khususnya kereta commuterline karena akan efisien dari segi waktu dengan terbebas dari kemacetan dan efisien dari segi biaya karena harga tiket yang lebih terjangkau.

“Dengan kolaborasi antara pelayanan commuterline dan layanan Gojek ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta untuk melakukan mobilitas ke tempat tujuannya.”(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait