Ada Sweeping FOD di Bandara Adi Soemarmo, Hati-hati

4 Agustus 2023, 18:49 WIB

BOYOLALI,LOKAWARTA.COM-Manajemen Bandar Udara Adi Soemarmo mengajak stakeholder dan komunitas bandara melakukan Sweeping FOD (Foreign Object Debris) atau pembersihan segala jenis benda yang berada di sisi udara, khususnya di apron yang dapat membahayakan operasional pesawat udara apabila terhisap masuk ke mesin pesawat.

Kampanye keselamatan penerbangan atau Ramp Safety Campaign tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kepekaan terhadap pentingnya keamanan dan keselamatan penerbangan.

“Keberadaan benda asing di sekitar pesawat apabila terhisap ke mesin pesawat dapat mengakibatkan kerusakan mesin dan akan membahayakan penerbangan,” kata PGS General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandar Udara Adi Soemarmo Surakarta Ibnu Solikin.

“Oleh sebab itu Sweeping FOD ini diharapkan menumbuhkan safety awareness kepada stakeholder dan komunitas Bandara,” jelas Ibnu Solikin dalam siaran pers, Jumat (4/8/2023).

Kegiatan ini kampanye keselamatan penumpang itu merupakan agenda rutin yang dilakukan manajemen sebagai komitmen Bandara Adi Soemarmo untuk menerapkan slogan 3S+1C. Yaitu Safety/Keselamatan, Security/Keamanan dan Services/Pelayanan, serta Compliance/Pemenuhan terhadap aturan yang berlaku,” tambahnya.

Ramp Safety Campaign didefinisikan sebagai kampanye atau sosialisasi penyelamatan penerbangan. Namun tak hanya itu, Ramp Safety Campaign dinilai dapat menekan risiko kecelakaan yang terjadi di wilayah bandara.

Kegiatan itu diharapkan dapat menciptakan pelayanan di sisi udara yang aman, tertib, profesional, dan sesuai aturan yang berlaku. Sehingga memberi kontribusi dalam peningkatan citra dunia penerbangan dan kebandarudaraan.

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait