Antisipasi Arus Mudik, Bandara Adi Soemarmo Siapkan Posko Lebaran

3 April 2024, 11:00 WIB

BOYOLALI, LOKAWARTA.COM – Bandara Adi Soemarmo menyiapkan Posko Angkutan Udara atau Posko Lebaran untuk mengantisipasi arus mudik Lebaran tahun 2024 ini.

Melalui siaran pers, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Erick Rofiq Nurdin mengatakan bahwa adanya Posko Lebaran ini untuk memastikan penyelenggaraan Angkutan Udara berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

“Serta sesuai dengan prinsip 3S+1C, yakni Safety, Security, Services and Compliance, khususnya dalam menghadapi peningkatan jumlah trafik penumpang, pesawat dan kargo angkutan udara pada periode Lebaran tahun 2024 Masehi 1445 Hijriyah,” tutur Erick Rofiq Nurdin, Rabu (3/4/2024).

Maka dari itu, untuk menyambut hari raya Idul Fitri 2024 / 1445 H, Bandara Adi Soemarmo menyiapkan Posko Angkutan Udara Periode Lebaran Tahun 2024 M / 1445 H selama 16 hari, mulai tanggal 3 – 18 April 2024.

Untuk kesiagaan Posko Lebara, pihak Bandara Adi Soemarmo melibatkan 166 personil, yang terdiri dari jajaran personel di lingkungan Bandara Adi Soemarmo serta personel BKO dari TNI dan Polri.

Posko Angkutan Udara Periode Lebaran Tahun 2024 M / 1445 H dibuka dengan Apel Pembukaan Posko Angkutan Lebaran Tahun 2024 M / 1445 H yang dihadiri oleh pimpinan dan perwakilan para pemangku kepentingan bandara.

Selain menyiapkan Posko Lebaran, pihak Bandara Adi Soemarmo juga memastikan bahwa seluruh fasilitas bandara dalam kondisi prima untuk mewujudkan pelayanan angkutan Lebaran yang aman dan nyaman.

Erick Rofiq Nurdin optimis, trafik penumpang, pesawat dan kargo di Bandara Adi Soemarmo tahun 2024 ini akan mengalami peningkatan.

“Prediksi pergerakan jumlah penumpang jika dibandingkan dengan periode Lebaran tahun 2023 diperkirakan mengalami peningkatan sekitar 4% dengan total penumpang 82.768 orang,” urai Erick Rofiq Nurdin.

“Sementara untuk pergerakan pesawat kenaikan diperkirakan sekitar 2% dengan total 576 penerbangan. Sedangkan untuk pergerakan kargo kenaikan diperkirakan sekitar 127% dengan total kilogram kargo,” ungkapnya.

Erick Rofiq Nurdin menambahkan, sejumlah maskapai akan menambah jumlah penerbangannya untuk menghadapi kenaikan penumpang.

“Meskipun tidak signifikan namun pihak Maskapai juga akan menambah jumlah penerbangannya dalam mengantisipasi lonjakan penumpang pada perode Lebaran tahun ini,” paparnya.

Adapun beberapa maskapai yang telah mengajukan extra flight atau penerbangan tambahan yaitu, Citilink, Batik Air, dan Super Air Jet.

Sementara rute yang mengalami penambahan penerbangan yakni Jakarta (Soekarno Hatta), Jakarta (Halim Perdana Kusuma), dan Balikpapan (Sepinggan).

Dengan demikian, jumlah penerbangan di Bandara Adi Soemarmo yang saat ini rata-rata sebanyak 23 penerbangan dalam sehari menjadi 26 – 28 penerbangan dalam sehari dengan adanya penambahan penerbangan ini.

“Prediksi puncak kepadatan penumpang terjadi pada 6 April 2024 sedangkan prediksi puncak arus balik terjadi pada 15 April 2024,” jelas Erick Rofiq Nurdin.

Editor : Arumi Chan
Sumber :

Artikel Terkait