Astrid Widayani Ajak Warga Ngabuburit Sekaligus Dukung UMKM di Gelaran Bakdaning Awali

2 April 2024, 20:00 WIB

SURAKARTA, LOKAWARTA.COM – Rektor Universitas Surakarta (UNSA) Astrid Widayani ingin mengajak warga Surakarta (Solo) ngabuburit bersama sekaligus menunjukkan komitmennya untuk mendukung UMKM.

Melalui Gerakan Awali, Astrid Widayani akan menggelar kegiatan Bakdaning Awali di Plasa Sriwedari, Solo selama tiga hari, Jumat-Sabtu, 5-7 April 2024.

Hal itu disampaikan oleh Astrid Widayani secara langsung saat berbincang dengan sejumlah awak media usai buka bersama di Makunde Resto, Solo Safari, Selasa (2/4/2024).

“Ini merupakan sebuah tradisi yang sebenarnya sudah lama sekali di mana semua orang pengen mudik kembali ke kampung halaman, pengen bakdan,” tutur Astrid Widayani.

“Berdasarkan sejarah di Kota Solo dulu warga Solo kalau mau bakdan itu di Bonrojo atau
Sriwedari,” lanjutnya.

Dijelaskan, gerakan sosial kemasyarakatan Awali yang merupakan singkatan dari Astrid Widayani Peduli mengadakan kegiatan Bakdaning Awali tersebut untuk mengajak warga ngabuburit bersama di hari-hari terakhir di bulan Ramadan tahun ini sekaligus mendukung UMKM.

“Karena gerakan sosial kemasyarakatan Awali ini tidak hanya bergerak di kebudayaan ya tetapi juga pendidikan, digitalisasi dan UMKM,” terang Astrid Widayani.

Dikatakan, Bakdaning Awali yang akan dimulai usai ashar atau sekitar jam 15.00 WIB sampai malam tersebut akan mengerakkan sektor UMKM dengan melibatkan puluhan UMKM mulai dari kuliner, fashion, dan craft.

“Di fashion dan craft nanti akan berkolaborasi antara Jawara UMKM yaitu program UMKM yang sudah saya bina selama satu tahun terakhir dengan SAM, Solo Art Market,” urai Astrid Widayani.

“Di kuliner nanti akan ada banyak jajanan tradisional khas Solo yang biasanya dikangenin, klangenan kota Solo,” imbuhnya.

Rangkaian kegiatan selama tiga hari itu terus menerus akan diisi konten di antaranya menjelang maghrib akan ada talkshow dari Habib Muhammad, Ustadz Tri Bimo dan Ustadz Jafar Shodiq.

“Beragam seni juga akan ditampilkan, ada nasyid hingga tari sufi,” kata Astrid Widayani.

“Menariknya di satu suasana yang santai, sore ngabuburit bersama, sekaligus kita bersuka cita menyambut Lebaran,” pungkasnya.

Editor : Arumi Chan
Sumber :

Artikel Terkait