Availability Network Connectivity Selama Asean Para Games 99,99%, Cholis Safrudin : Nyaris Tidak Ada Putus Koneksi

6 Agustus 2022, 06:46 WIB

LOKAWARTA.COM,SOLO-Lebih dari sepekan event Asean Para Games 2022 berlangsung di Kota Solo nyaris tanpa gangguan koneksi jaringan telekomunikasi. Sebab, availability network connectivity tetap 99,99 persen, artinya, tidak akan ada putus koneksi.

Menurut Deputi EVP Infrastruktur Telkom Regional 4 Jateng dan Jogjakarta, Cholis Safrudin, posisi 99,99 persen itu memperlihatkan ketahanan network. Meski putus di satu tempat, langsung automatically tersambung di jalur yang lain.

“Dan gambar saat streaming tetap jalan terus. Sehingga kami jamin selama event APG 2022 layanan prima availability sampai 99,99 persen,” ungkap dia saat media gathering, kemarin.

Ada beberapa key success yang menjadi faktor Telkom mengawal koneksi jaringan telekomunikasi di APG 2022. Cholis menyebut ada success capacity. Memungkinkan tidak terjadi gangguan saat peak traffic.

Baik saat opening ceremony, selama pertandingan berlangsung, dan closing ceremony. Kapasitas yang disediakan Telkom sanggup menghandel traffic itu.

“Kemudian success service. Saat event berlangsung service tetap jalan terus. Dengan availability 99,99 persen itu,” sambungnya.

IMG 20220804 WA0055

Cholis mengatakan, sejak opening ceremony sampai pertandingan berlangsung saat ini, APG 2022 nyaris nihil gangguan. Harapannya, kondisi lancar tanpa kendala ini dapat terus berlanjut sampai closing ceremony yang dijadwalkan Presiden Joko Widodo bakal hadir di sana.

Dan untuk memastikan layanan ini terus berjalan baik, selama APG 2022 berlangsung, Telkom menggunakan Mini Network Operation Center (NOC) di kantor cabang Solo.

“Semua layanan di APG 2022, kami monitor di saja. Mini NOC ini hanya di-create saat event berlangsung saja. Mini NOC di-running selama 24/7 dan seluruh layanan dimonitor dari situ. Tiap ada gangguan bisa langsung diketahui dan diselesaikan saat itu juga,” bebernya.

General Manager Telkom Solo, Pribadi Nirwana menambahkan, tidak ada gangguan serius dalam hal koneksi jaringan telekomunikasi selama event APG 2022 berlangsung sampai saat ini. Semua kendala sifatnya hanya teknis dan minor, bisa segera diatasi bekerjasama dengan berbagai pihak.

“Ditambah satgas pengawal APG 2022 yang sudah berpengalaman di event-event besar sebelumnya, seperti PON Papua dan MotoGP Mandalika, saya yakin semua berjalan dengan baik, itu harapan kita semua.”

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait