Bandara Adi Soemarmo Raih 4 Penghargaan di ASQ Awards 2023

16 Maret 2024, 16:30 WIB

BOYOLALI, LOKAWARTA.COM – Bandara Adi Soemarmo memborong penghargaan di ASQ Awards 2023.

Bandara Adi Soemarmo berhasil meraih empat penghargaan dalam ajang prestisius Airport Service Quality Awards 2023 atau ASQ Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Organisasi Pengelola Bandara dunia Airports Council International (ACI).

Hal itu disampaikan oleh General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Erick Rofiq Nurdin dalam keterangan pers, Sabtu (16/3/2024).

“Penghargaan dalam ajang ASQ Awards 2023 merupakan pencapaian dari Komitmen Adi Soemarmo untuk terus meningkatkan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa,” jelas Erick Rofiq Nurdin.

Adapun penghargaan yang diterima oleh Bandara Adi Soemarmo adalah Best Airport of 2 to 5 Million Passengers in Asia-Pacific, Airport with the Most Dedicated Staff in Asia-Pacific, Most Enjoyable Airport in Asia-Pacific, Cleanest Airport in Asia-Pacific.

Sementara itu, secara total PT Angkasa Pura I (AP I) memperoleh hingga 24 penghargaan, yang diraih oleh 8 bandara yang dikelolanya.

Kedelapan bandara AP I yang meraih penghargaan di ASQ Awards 2023 adalah Bandara Adi Soemarmo yang meraih 4 Penghargaan, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 6 penghargaan, Bandara Internasional Yogyakarta dengan 5 penghargaan, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dengan 4 penghargaan, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 2 penghargaan, Bandara Juanda Surabaya dengan 1 penghargaan, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang dengan 1 penghargaan, dan Bandara Pattimura Ambon dengan 1 penghargaan.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I MMA Indah Preastuty menyampaikan bahwa pecah rekornya Angkasa Pura I dalam raihan penghargaan di ASQ Awards kali ini menjadi pengakuan dari dunia internasional atas upaya Angkasa Pura I yang berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa Bandara.

Airports Council International (ACI) dalam proses assesmentnya terhadap Pelayanan di Bandara, menggunakan metodologi survei terhadap pengguna jasa di Bandara untuk mengukur tingkat kepuasan terhadap kualitas layanan.

Survei tersebut mencakup lebih dari 30 indikator performa pelayanan yang hasilnya dapat menggambarkan secara rinci terhadap tingkat kepuasan setiap pengguna jasa Bandara.

Airport Council International (ACI) merupakan satu-satunya perwakilan global dari Otoritas Bandara di dunia, yang mengembangkan standar, kebijakan serta pelatihan untuk meningkatkan standar Bandara di seluruh dunia.

Editor : Arumi Chan
Sumber :

Artikel Terkait