Bathari Umayi

5 Juli 2023, 06:35 WIB

KERAJAAN Setra Gandamayit adalah kuasa jahat yang mengganggu hidup manusia. Setra berarti tempat. Ganda artinya bau, dan mayit adalah orang mati.

Setra Gandamayit berarti tempat yang berbau kematian. Setra Gandamayit berarti kuburan, tempat orang mati.

Dalam pewayangan, Kerajaan kegelapan ini dikuasai oleh Bathari Durga dan Bathara Kala. Mereka adalah raja para jin, setan, “peri prayangan, engklek-engklek, balung atandak, banaspati, gendruwo, kuntilanak, dan segala macam makhluk jahat.”

Mereka sering mengganggu, mencobai dan menjebloskan orang ke dalam kuasa kegelapan. Tempat tinggal mereka berada di kuburan, pohon atau tempat angker dan menakutkan. Mereka sering menakut-nakuti manusia dengan penampakan yang mengerikan.

Bathari Durga sebenarnya adalah istri Bathara Guru, bernama Bathari Umayi. Waktu itu mereka sedang bercengkerama naik Lembu Andini keliling dunia.

Karena angin kencang, tersingkaplah kain penutup tubuh Bathari Umayi. Bathara Guru terpesona dan tumbuh birahinya. Tetapi Bathari Umayi menolak. Maka dikutuklah Bathari Umayi menjadi raseksi buruk rupa dengan nama Bathari Durga. Dia diusir pergi dari Kahyangan ke Setra Gandamayit.

Durga akan kembali menjadi Dewi yang cantik jelita jika ketemu dengan si Bungsu Pandawa yakni Raden Sadewa. Durga minta tolong ke Raden Sadewa, tetapi Sadewa tidak bersedia.

Terjadilah pertempuran. Saat itu Bathara Guru merasuki tubuh Sadewa dan Durga kalah. Sadewa kemudian meruwat Durga kembali menjadi Bathari Umayi yang cantik jelita.

Sadewa diberi nama baru oleh Bathara Guru yaitu Raden Sudamala, yang artinya mampu menumpas “memala,” atau kejahatan.

Dalam Injil, ada dua orang yang kerasukan setan datang dari daerah pekuburan. Mereka sangat berbahaya hingga orang mengalami ketakutan.

Mereka berteriak-teriak menantang Yesus. “Apa urusanmu dengan kami, hai Anak Allah? Adakah Engkau kemari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?”

Setan-setan itu ketakutan bertemu dengan Yesus. Mereka meminta agar boleh “manjing” ke dalam babi-babi. Yesus mengijinkan mereka dan babi-babi itu terjun ke dalam danau.

Kedua orang itu menjadi sembuh dan hidup secara normal kembali sebagai manusia biasa. Yesus meruwat mereka menjadi manusia yang beradab selayaknya ciptaan Tuhan.

Yesus punya kuasa ilahi yang mampu mengalahkan kuasa kejahatan. Setan-setan tunduk kepada-Nya karena Dia adalah Tuhan atas segala makhluk.

Jika kita sedang diganggu oleh kuasa kegelapan, berdoalah seperti yang diajarkan Tuhan Yesus. “Janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan tetapi bebaskanlah kami dari segala yang jahat…”

Gunung Merapi ada di Muntilan,
Gunung Merbabu di Boyolali.
Kalau kita takut digoda setan,
Teruslah berdoa tiada henti-henti.

Cawas, bebaskan dari yang jahat

Puncta 05.07.23
Alexander Joko Purwanto Pr

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait