Borong Jajanan di Solo Cullinary, Selvi Ananda Ngaku Paling Suka Apem

1 Maret 2024, 12:39 WIB

SURAKARTA, LOKAWARTA.COM Istri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda, terlihat memborong jajanan tradisional di Solo Legend Culinary Festival 2024 yang diselenggarakan di Pendhapi Ageng Balai Kota Surakarta (Solo), 29 Februari – 3 Maret 2024.

Ketika ditanya tentang makanan legendaris yang disukai, begini jawaban Selvi Ananda.

“Banyak. Apem,” jawab Putri Solo 2009 tersebut, Jum’at (1/3/2024).

Kemudian Selvi Ananda menceritakan tentang neneknya yang ternyata suka membuat apem.

“Dulu nenek saya sering bikin sendiri. Sekarang orang sudah jarang menemukan apem,” tuturnya.

Makanan tradisional apem memang seringkali disajikan hanya saat ada selametan atau syukuran.

Sebagai Ketua Tim Penggerak dan Pemberdayaan Keluarga (TP PKK) Kota Solo, Selvi Ananda menunjukkan dukungan terhadap ibu-ibu PKK dalam lomba kreasi makanan tradisional legendaris Solo.

“Masih banyak juga yang masaknya bagus, dikasih sejarahnya seperti apa. Baguslah. Tetap melestarikan kuliner tradisional khas Solo,” papar Selvi Ananda.

“Ya ada beberapa kreasi roti bekatul itu kan anak-anak mengenal itu. Sudah dikreasikan dalam bentuk roti atau donat dikasi topping macem-macem,” imbuhnya.

Kemudian Selvi Ananda juga menerangkan bahwa setiap tahun ada lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) berbasis pangan lokal.

“Penyajian makanan harus bergizi seimbang. Tadi kreasinya juga bagus-bagus. Harapannya nanti pemenangnya dari kota Solo bisa mewakili ke provinsi,” jelas Selvi Ananda.

Dijelaskan, ke depan akan ada penyelenggaraan event besar yakni ulang tahun Dekranasda dan ulang tahun PKK tahun ini secara nasional akan dipusatkan di kota Solo.

“Harapannya ini nanti jadi bekal untuk kota Solo mempersiapkan diri. Di Pura Mangkunegaran kemudian ada di Balekambang,” ungkap Selvi Ananda.

“Yang berkunjung itu kan semua provinsi di Indonesia. Harapannya pada berkunjung ke tempat-tempat wisata baru di Kota Solo,” tambahnya.

“Bagus juga untuk promosi pariwisata kota Solo dan penggerakan UMKM. Banyak yang akan kita angkat, kesenian budaya kuliner pariwisata,” pungkas Selvi Ananda.

Editor : Arumi Chan
Sumber :

Artikel Terkait