Commuter Line Yogyakarta-Solo Kini Ada 24 Perjalanan Per Hari, Ini Jadwal Lengkapnya…

4 Januari 2024, 10:56 WIB

JOGJA,LOKAWARTA.COM-Untuk meningkatkan layanan kepada para pengguna / penumpang, mulai 4 Januari 2024 KAI Commuter menambah jumlah perjalanan Commuter Line Yogyakarta-Palur PP menjadi 24 perjalanan setiap harinya.

Sebelumnya, pelayanan perjalanan Commuter Line atau Kereta Rel Listrik / KRL Yogyakarta-Palur PP itu hanya 20 perjalanan tiap hari pada saat jam kerja dan pada akhir pekan dan hari libur 24 perjalanan.

Khusus di masa Angkutan Natal dan Tahun Baru, 21 Desember 2023 – 3 Januari 2024, KAI Commuter mengoperasikan 30 perjalanan Commuter Line Yogyakarta – Palur PP tiap hari. Tercatat selama masa Natal dan Tahun Baru volume pengguna Commuter Line Yogyakarta sebanyak 378.287 orang atau rata-rata 27.021 orang per hari.

IMG 20240104 WA0016

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, penambahan 4 perjalanan tiap hari bisa sebagai pilihan utama masyarakat dalam menggunakan transportasi publik.

Sebab Kota Yogyakarta dan Solo merupakan kawasan tujuan wisata. “Dengan adanya Commuter Line dapat memudahkan para wisatawan menggunakan transportasi publik,” kata Anne Purba.

Selain penambahan perjalanan Commuter Line Yogyakarta, KAI Commuter juga meningkatkan layanan dengan mengoperasikan hall baru sisi timur arah Pasar Kembang sebagai akses keluar masuk pengguna di Stasiun Yogyakarta.

Pengoperasian hall baru ini juga untuk memisahkan akses keluar dan masuk pengguna Commuter Line Yogyakarta dan Commuter Line Prameks di stasiun tersebut.

IMG 20240104 WA0018

Beberapa stasiun juga sudah terintegrasi dengan moda transportasi lainnya seperti Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Lempuyangan dengan Trans Yogya dan kereta bandara, Stasiun Solo Balapan dengan Batik Solo Trans dan kereta bandara. Stasiun Kutoarjo dengan Bus Trans Jateng.

“Fasilitas lainnya juga ditambahkan kursi tunggu pengguna, gate elektronik dan pemasangan videotron sebagai display informasi.”

Semantara itu untuk operasional layanan Commuter Line Prameks mulai 4 Januari 2024 masih tetap sama dengan sebelumnya. Terdapat total 8 perjalanan Kutoarjo – Yogyakarta PP tiap harinya.(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait