Dibangun oleh Dalang Ki Manteb Sudarsono, Akhirnya SMA Bung Karno Ditutup, Ini Alasannya…..

22 April 2024, 10:13 WIB

KARANGANYAR,LOKAWARTA.COM-SMA Bung Karno Karangpandan Karanganyar telah tutup. Sudah beberapa lama tidak ada lagi proses belajar mengajar di sana, selain itu juga tidak ada yang mendaftar di SMA tersebut.

Dari pantauan di lapangan, pintu sekolah dikunci, gerbang sekolah digembok. Di tembok pagar sekolah, ada MMT berukuran besar menempel. Tulisannya : Disewakan.

Sejumlah pihak menyayangkan ditutupnya SMA Bung Karno yang dirintis dan dibangun oleh dalang kondang, almarhum Ki Manteb Sudarsono bersama koleganya tahun 1999 di bawah Yayasan Pendidikan Bung Karno.

Sebab, sekolah tersebut satu-satunya sekolah yang mengajarkan nilai nilai ajaran Bung Karno (Presiden pertama RI, Ir Soekarno). Yakni, pelajaran Sejarah Perjuangan Bung Karno dan pelajaran Nasionalisme Pancasila.

IMG 20240422 100659

Kedua mata pelajaran itu sudah diuji dan disahkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi. Dua mata pelajaran itu untuk melengkapi mata pelajaran umum ditetapkapkan oleh pemerintah.

“Mestinya dikaji dulu sebelum ditutup. SMA Bung Karno ada satu-satunya sekolah yang mengajarkan nilai nilai ajaran Bung Karno secara formal,” kata mbah Atok, tokoh nasionalis dari Karanganyar, Senin (22/4/2024).

Terpisah, Gatot Tetuko selaku pembina yayasan mengatakan, sebelum sekolah ditutup, semua permasalahan intern sekolah sudah dikonsultasi dulu ke kantor dinas Pendidikan Karanganyar dan Cabang Dinas 6 Jawa Temgah.

“Semua guru dan karyawan sudah ditindaklanjuti oleh Cabang Dinas 6 Jawa Tengah,” kata anak Ki Manteb Sudarsono itu.(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait