Dilantik sebagai Rektor Universitas Boyolali, Dr Nanik Sutarni : Tata Kelola dan Peningkatan SDM jadi Prioritas

11 Februari 2022, 20:29 WIB

LOKAWARTA.COM,BOYOLALI-Universitas Boyolali (UBY) diharapkan bisa menjadi barometer pendidikan serta mampu mensejahterakan masyarakat di kabupaten setempat.

Hal itu disampaikan Bupati Boyolali Said Hidayat saat memberi sambutan dalam pelantikan Rektor Universitas Boyolali (UBY) di kampus setempat, Jumat (11/2/2022).

Kehadiran Bupati Said Hidayat dan Ketua DPRD Boyolali Marsono ke Universitas Boyolali (UBY) adalah pertama kali sejak perguruan tinggi tersebut didirikan 14 tahun yang lalu.

“Kalau mau menjadi barometer pendidikan dan mensejahterakan masyarakat, Universitas Boyolali harus maju,” kata bupati.

“Kalau mau maju, Universitas Boyolali harus berani METAL. Artinya harus melangkah bersama, menata bersama, penuh totalitas. Ini bukan politik,” tandasnya.

Ketua Korpri setempat Mashuri menjelaskan, kalau mau melangkah bersama dan menata bersama maka semua civitas akademika Universitas Boyolali harus satu persepsi satu visi, termasuk dengan yayasan.

Semua harus kompak, satu komando. “Ora bakal iso maju nak sing siji ngetan sing siji ngulon,” kata Sekda Kabupaten Boyolali itu.

Sekda berpesan, Universitas Boyolali jangan berkutat pada diri sendiri. Kalau mau maju, Universitas Boyolali (UBY) juga harus membuka pintu dengan pihak luar.

“Jalin komunikasi dan sinergi dengan para stake holder. Baik itu Pemda, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan lainnya,” kata Mashuri.

Sebelum dilantik sebagai rektor definitif Universitas Boyolali (UBY), Dr Nanik Sutarni SH MH adalah pejabat sementara rektor menggantikan pejabat lama Dr HM Irnawan Darori, yang yang purna tugas 11 Desember 2021.

Penunjukan mantan Dekan Fakultas Hukum sebagai rektor itu dinilai sudah tepat karena sesuai dengan statuta universitas. Selain bergelar doktor, Nanik adalah dosen senior di Universitas Boyolali (UBY).

“Saya berterima kasih pada semua pihak, kepada yayasan, dan civitas akademika yang telah mempercayai saya untuk memimpin Universitas Boyolali,” kata Dr Nanik Sutarni.

Untuk program kerja ke depan, Nanik akan memprioritaskan pada tata kelola universitas dan peningkatan sumber daya manusia. Selain itu, pihaknya akan membuka jaringan seluas-luasnya dengan pihak luar.

“Dengan begitu diharapkan, Universitas Boyolali makin maju, unggul dan kompetitif,” tandas Dr Nanik Sutarni.

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait