Dukung SGS, Gibran : Jangan Monoton

22 Juli 2023, 10:21 WIB

SOLO,LOKAWARTA.COM-Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mendukung penuh pelaksanaan Solo Great Sale/SGS 2023 yang bakal digelar Oktober mendatang.

Namun pihaknya meminta penyelenggaraan event tahunan itu tidak monoton. Hal itu dikatakan kepada wartawan, usai bertemu para pengurus Kadin Surakarta/panitia SGS 2023 di Balai Kota Surakarta, Jumat (21/7/2023).

Dalam pertemuan itu, Kadin Surakarta mengajak tiga asosiasi ritel dari pusat (Jakarta) yang akan mendukung pelaksanaan SGS. Yakni, Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia Indonesia (APRINDO).

IMG 20230722 100605

“Itu yang kami bahas tadi, biar tidak monoton seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata putra sulung presiden Joko Widodo itu.

“Salah satu yang akan dilakukan selama SGS adalah mengurangi ceremony yang tidak memberi dampak signifikan terhadap perekonomian.”

Ketua Kamar Dagang dan Industri / Kadin Surakarta Ferry Sephta Indrianto mengatakan, sesuai arahan wali kota, agar seluruh tenant di Kota Solo memberi diskon atau harga khusus selama SGS digelar.

“Selain itu juga fokus supaya festival atau event di Solo gencar digelar selama SGS dan dilaksanakan sales (penjualan) di semua tempat. Kita juga mendorong transaksi nontunai,” kata Ferry.

IMG 20230722 100649

Terkait dengan tenant yang akan mengikuti SGS, Ferry mrngaku belum ada target pasti dan saat ini baru dimatangkan. Namun pihaknya akan njawil (menghunungi) tenant yang sudah eksisting yang selama ini mengikuti SGS.

“Yang penting arahan mas wali itu tenant mal, asosiasi juga kami dorong untuk ekspo. Tempatnya sesuai arahan mas wali di kompleks balai kota Surakarta,” katanya.

Bagaimana dengan target transaksi? “Kami nggak fokus di transaksi, tapi event dan sale. Supaya menggerakkan retail, agar UMKM kita bisa meningkatkan penjualan,” pungkasnya.(*)

Editor : Pilih Nama Editor
Sumber :

Artikel Terkait