Gebyar Bakdan Ing Sriwedari 2023 akan Diawali Tradisi Malam Selikuran

6 April 2023, 20:00 WIB

LOKAWARTA.COM, SURAKARTA – Pemerintah Kota Surakarta (Pemkot Solo) memiliki tradisi memperingati Lebaran salah satunya melalui event festival kuliner dan belanja Gebyar Bakdan yang dilaksanakan oleh UPTD Kawasan Wisata.

Perwakilan penyelenggara event, Reifatma Nuraviani mengatakan, Gebyar Bakdan kali ini diadakan di Taman Sriwedari selama dua puluh hari, dari tanggal 11 – 30 April 2023 untuk mengembalikan keceriaan di kawasan kompleks Taman Sriwedari.

“Sebagai pembuka acara dimulai dengan tradisi malam selikuran pada 11 April 2023. Tradisi malam selikuran merupakan salah satu wajah Islam nusantara yang mewarnai semangat akulturasi Islam Jawa,” papar Rei saat jumpa pers di Graha Wisata Niaga, Kamis (6/4/2023).

Untuk tradisi malam selikuran kali ini akan dilaksanakan pengajian akbar bersama KH Gus Muwafiq dan Sriwedari Bersholawat Bersama Majelis Dzikir Macapat Njeng Sunan. 

Tetapi sebelum itu, akan dilakukan prosesi kirab Malam Selikuran untuk melestarikan tradisi yang dilaksanakan oleh Sunan Pakubuwono ke X, yakni melakukan boyong kenduri dengan menghadirkan Hajat Tumpeng Sewu.

Selain itu akan disertai Bergodo Korp Musik Tamtomo, Jayek Astro, Prawiro Anom, Surogeni, Joyosuro, Doropati, Ulam, dan Santi Suoro.

Tumpeng Sewu sendiri melambangkan malam seribu bulan dan menjadi tradisi menyambut malam Lailatul Qodar,” kata Rei.

Kirab akan dilaksanakan dari Kraton menuju Taman Sriwedari kemudian akan dilanjutkan dengan tradisi pembacaan Syahadat Kures dan pembacaan sejarah Malam Selikuran.

Prajurit Kasunanan Surakarta akan melakukan kirab dengan membawa pedang, tombak, serta diikuti para punggawa kraton dan abdi dalem yang akan membawa Tumpeng Sewu dan membawa lentera (lampu ting).

“Perjalanan kirab akan dimulai dari Kori Kamandungan dan berakhir di Kebonraja Taman Sriwedari. Hingga kemudian dilanjutkan pengajian akbar dan Sriwedari Bersholawat,” jelas Rei.

Acara Gebyar Bakdan Ing Sriwedari 2023 juga akan dimeriahkan Sriwedari Food Festival, Sriwedari Shopping Day, hiburan musik, workshop, kompetisi, dan juga menggandeng komunitas.

Penyelenggara juga menggandeng aplikasi Showbuzz untuk membantu mempertemukan antara vendor talent dengan pihak pencari.

Editor : Arumi Chan
Sumber :

Artikel Terkait