Hetero Fest Volume 4 : Adopsi Creative Movement, Rangkul Komunitas Lokal, Bangun Geliat Kolektif Industri Kreatif

16 Mei 2023, 11:00 WIB

BANYUMAS,LOKAWARTA.COM-Hetero Fest Volume 4 digelar di Hetero Space Banyumas, Jumat sampai Minggu (12-14/05/2023).

Hetero Fest keempat itu merupakan hasil kolaborasi antara Dinas Koperasi Jawa Tengah melalui Balai Pelatihan Koperasi dan UKM Jawa Tengah dengan Impala Network dan Hetero Space khususnya Hetero Space Banyumas, serta keterlibatan 10 komunitas asli kawasan Banyumas Raya.

Di situ, Hetero Fest hadir menjadi pendamping kegiatan Bursa UMKM Jateng 2023. Festival ini mengadopsi creative movement yang didalamnya merangkul segenap pelaku bisnis kreatif, seni dan
budaya sebagai unsur yang melekat dalam struktur masyarakat provinsi Jawa Tengah.

Festival mengedepankan unsur kolaborasi antar komunitas dengan harapan mampu menghadirkan keselarasan bagi seluruh
elemen kreatif di kawasan Banyumas Raya.

Edi Sulistiyo Bramiyanto, Kepala Dinas Koperasi UKM Jawa Tengah dan Ema Rachmawati, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekda Jawa Tengah, hadir dalam festival itu, Sabtu (13/05/2023).

“Kami berharap, aktivasi yang direncanakan rutin dapat terlaksana dengan baik pasca kegiatan Hetero Fest Volume 4 ini. Silahkan semua komunitas berdiskusi dengan Hetero Space jika ingin melakukan kegiatan. Kami terbuka untuk itu”, ucap Edi saat penyerahan penghargaan Best Band di section Hetero Stage-Band Competition.

Harapan serupa juga disampaikan Irfan Bahtiar, Program Manager Hetero Space Banyumas. Pihaknya berharap, para komunitas lokal di Jawa Tengah dapat berkomitmen untuk merutinkan
kegiatan kreatif tersebut secara kolektif.

“Jika pada tahun sebelumnya, Hetero Fest Volume 1,2 dan 3 dilaksanakan untuk launching dan aktivasi awal Hetero Space di kota Semarang, Solo dan Banyumas, kali ini Hetero Fest dilaksanakan dengan beberapa perubahan. Komunitas mendapatkan porsi yang lebih banyak dalam kegiatan, baik itu konsep dan pelaksanaan acara,” tandasnya.

Keterlibatan komunitas dalam menyukseskan Hetero Fest Volume 4 mencapai 80% (pelaksanaan konsep masing-masing sesi dikonsep oleh para komunitas tersebut). Selebihnya adalah
keterlibatan Hetero Space terutama dalam publikasi dan ketersediaan space.

Mengangkat tema “Saatnya Jenama Lokal Jawa Tengah Mendunia”, Hetero Fest mengajak para komunitas lokal dan pegiat kreatif Jawa Tengah untuk terlibat aktif dalam pelaksanaan Hetero Fest Vol. 4. Memberi ruang berkarya dan bertumbuh untuk jenama/brand lokal yang sedang dikembangkan saat ini dan mewadahi kegiatan untuk menghadirkan jenama jenama baru.

IMG 20230516 104609
  • Sektor yang diajak dalam kolaborasi Hetero Fest Vol.4 antara lain :
  1. Musik melalui Heart Corner
  2. Olahraga melalui Esport Purwokerto dan Komunitas Basket
  3. Digital Creator
  4. Fotografi
  5. Grand Model Indonesia Jawa Tengah
  6. Korea Japan Collaboration melalui Komunitas Jejepangan dan Korea dari Korea Edition
  7. Coaching Clinic UMKM melalui Restart Agency
  8. Tiktok Community
  9. Segenap komunitas kreatif dalam podcast “Membangun Jenama Lokal Jawa Tengah bersama Local Heroes.

Ada pun rangkaian section yang ada di Hetero Fest Vol. 4 :

  1. Audisi Music Group Band – Menjadi motor baru dari ekosistem musik di kawasan Banyumas Raya, dimulai dengan seleksi grup musik tingkat pelajar dan umum, hingga akhirnya nanti dapat melakukan showcasing bagi grup terbaik. Award diberikan untuk grup terbaik dan masing masing
    personil terbaik.
  2. Esport Competition – Mobile Legend : Bang Bang – Berbentuk kompetisi single elimination, Esport telah menghimpun lebih dari 32 tim dengan total anggota tim sebanyak 180 orang untuk bertanding mobile game.
  3. Modelling Competition by Grand Model Indonesia 2023 – Kompetisi modelling yang menghimpun talenta usia anak-anak hingga dewasa hadir di Hetero Space Banyumas.
  4. Workshop Fotografi dan Kompetisi Fotografi – Event – Fotografi dikemas dalam bentuk workshop dan langsung melakukan free hunting foto selama pelaksanaan Hetero Fest Volume 4 berlangsung.
  5. Workshop TikTok Reel oleh TikTok Community Purwokerto – Para peserta diberi kesempatan
    untuk mengikuti sesi kelas pembuatan konten TikTok dan Reels yang baik, dengan akhirnya para peserta dapat mengikuti TikTok Reels Competition dengan meliput kegiatan selama Hetero Fest berlangsung.
  6. Sport Competition – Hetero Basketball – Kompetisi basket untuk pelajar dan komunitas umum yang memberikan kesempatan para basketball player untuk berkompetisi selama 1 hari mulai pagi hingga sore hari di Sport Hall Hetero Space Banyumas.
  7. Workshop, Coaching Clinic Digital Marketing dan Fotografi – Selama 3 hari pelaksanaan Hetero Fest Volume 4, terdapat sesi kelas yang dapat diikuti oleh UMKM dan pemilik bisnis. Lalu, dapat dilanjutkan dengan berdiskusi mengenai kondisi bisnisnya langsung dengan para pakar.

Semangat dan geliat kreatif ini tidak hanya berlangsung selama gelaran Hetero Fest Volume 4, justru menjadi awal dan katalis para pelaku dan komunitas, UMKM dan industri kreatif di Banyumas Raya untuk berkarya.

Ke depan, semoga Hetero Fest Volume 4 menjadi salah satu langkah Hetero Space Banyumas (khususnya) dan Hetero Space (umumnya) untuk semakin memperkuat karakter industri kreatif di masing-masing kota (Banyumas dengan sektor performance-nya, Semarang dengan sektor business-nya dan Solo dengan sektor exhibition-nya).(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait