Jadi Narasumber Talkshow Job Fair, Rektor UTP Prof Winarti : Attitude Penting bagi Pelamar Kerja

17 Februari 2023, 08:06 WIB

SOLO,LOKAWARTA.COM-Sikap atau attitude saat melamar pekerjaan itu penting khususnya untuk fresh graduate atau mahasiswa yang baru lulus.

Pengalaman itu disampaikan Rektor Universitas Tunas Pembangunan / UTP Surakarta Prof Dr Winarti ketika menjadi narasumber dalam talkshow pada event job fair yang digelar di Graha Soloraya.

“Bekerja memang tujuannya untuk menghidupi atau sebagai sumber kehidupan. Tetapi jika ingin melamar kerja apalagi baru pertama kali jangan memiliki idealisme yang tinggi. Berpikirlah ini sebagai pekerjaan pertama, mencari pengalaman kerja,” kata Prof Winarti.

Bekerja sama dengan forum perguruan tinggi Soloraya, UTP Surakarta menggelar job fair di Gedung Graha Soloraya, Selasa dan Rabu (14-15 /02/2023).

Dalam job fair tersebut, UTP memberi dukungan kepada segenap pengurus dan panitia yang melibatkan bagian kemahasiswaan dan alumni dibawah komando Bayu Adi Saputra, tim media komunikasi job fair.

Bayu mengatakan, forum perguruan tinggi Soloraya merupakan gabungan dari 33 perguruan tinggi se-Soloraya dan job fair tersebut merupakan event pertama yang diselenggarakan.

“Forum ini merupakan suatu wadah organisasi yang terbentuk bulan November 2022 dan berisi badan pusat karir/CDC (carier development center) di Perguruan Tinggi se Soloraya dari 63 kampus yang di undang, dan 33 diantaranya sepakat membentuk forum ini,” kata Bayu melalui pesan WhatsApp.

“Dari 33 anggota forum, 20 perguruan tinggi andil dalam penyelenggaraan job fair. Lalu untuk kepanitiaan hingga biaya yang diperlukan ditanggung oleh forum yang berasal dari perguruan tinggi penyelenggara job fair dan sponsor yang tidak mengikat,” jelas Bayu.

Forum bertujuan untuk mengakomodir kegiatan tracer study, pengembangan karir alumni dan penempatan kerja alumni. Sinergi-inovasi-kolaborasi merupakan tagline yang diusung oleh forum pusat karir Perguruan Tinggi Soloraya.

“Harapannya, forum tersebut mampu menjadi pelopor kegiatan bersama antar perguruan tinggi. Job fair itu diperuntukan bagi para jobseeker (pencari kerja) maupun fresh graudate,” jelasnya.

Bayu menambahkan, acara dimulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB dengan pemotongan pita oleh ketua panitia Sarafuddin dan ketua forum Saprudin Hamdani didampingi pimpinan perguruan tinggi se-Soloraya yang ikut memeriahkan job fair, tak terkecuali Rektor UTP, Prof Dr Winarti.

Lebih lanjut Bayu menyampaikan, kegiatan job fair tersebut sangat mendukung semua lini perusahaan dan para pencari kerja, khususnya bagi warga Soloraya.

Karena kegiatan tersebut merupakan momen yang mempertemukan perusahaan dan para pencari kerja. Hal ini terlihat pada hari pertama job fair sudah banyak pengunjung yang datang dan ada sekitar 2.889 pendaftar baik secara online maupun offline.

Job fair ini merupakan momen penghubung antara dunia usaha dengan dunia pendidikan. Dunia usaha perlu calon pekerja, calon karyawan dan calon manajemen perusahaan yang mumpuni,” kata Bayu.

“Kalau kita lihat perguruan tinggi sekarang menghasilkan SDM yang seharusnya sudah tidak diragukan lagi. Mereka adalah sarjana yang berkomepeten, terampil dan seseorang yang professional dibidangnya”, ungkapnya.

Dengan adanya job fair tersebut, diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran serta bermanfaat kepada masyarakat luas, para pencari kerja mudah mendapatkan informasi dan mendapatkan pekerjaan melalui kegiatan tersebut.

Jobfair menghadirkan 35 perusahaan lokal maupun nasional yang akan merekrut sejumlah pegawai baru. Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain BRI life, BTPN, Rosalia Group, Konimex, TA Media Group, PNM, Semesta Group dan masih banyak lagi.(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait