Jangka Jayabaya…

14 November 2023, 19:17 WIB

SOLO,LOKAWARTA.COM-Institut Seni Indonesia / ISI Surakarta kembali merayakan Hari Wayang Dunia IX di 2023. Kagiatan rutin tahunan ini dalam rangka peringatan penetapan wayang sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity oleh UNESCO, serta sebagai respon atas upaya negara dalam Pemajuan Kebudayaan Indonesia.

Hari Wayang Dunia IX tahun ini mengangkat tema “Mawayang Hayu Bhuwana Macarita Jayabhaya”. “Mawayang hayu bhuwana“ sebagai spirit menjaga perdamaian dan kasih sayang umat manusia di dunia melalui nilai-nilai luhur di dalam wayang.

Sedang “Macarita Jayabhaya” merepresentasikan figur Prabu Jayabhaya yang diyakini dalam wayanng sebagai salah satu avatara Wisnu pembawa perdamaian dan kebahagiaan dunia.

Tema tersebut mengandung harapan, melalui perayaan Hari Wayang Dunia IX tahun 2023 dapat menjadi semangat bersama dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik ke depannya.

Jayabhaya menjadi sentral pembicaraan di Hari wayang Dunia tahun ini, karena figurnya diyakini sebagai satriya piningit pada zaman Kerajaan Panjalu. Jayabhaya mampu membawa negaranya menuju zaman keemasan dan kejayaan.

Nilai-nilai wayang dapat menjadi inspirasi dan semangat untuk semakin menumbuh kembangkan kemajuan bangsa Negara dalam bidang seni budaya wayang.

IMG 20231114 190223

Sudah menjadi kewajiban bersama, untuk tetap memelihara dan mewariskan nilai-nilai wayang agar semakin membumi di Nusantara. Pengembangan dan pemajuan seni budaya wayang menjadi suatu langkah yang perlu digiatkan dengan tanpa merusak esensi dari wayang itu sendiri.

“Dalam keyakinan Jawa, figur Jayabhaya dimaknai sebagai tokoh yang memiliki kemampuan olah batin yang luar biasa. Selain sebagai awatara Wisnu, tokoh Jayabhaya memiliki kemampuan meramalkan dan memprediksi kejadian yang akan datang,” kata Rektor ISI Surakarta, Dr I Nyoman Sukerna.

“Ramalan-ramalannya terkenal dengan sebutan Jangka Jayabhaya atau ramalan Jayabhaya, yang sangat mitologis, melegenda, dan fenomenal hingga saat ini. Pergelaran wayang yang terwadahi dalam Hari wayang Dunia ini semogalah bisa menjadi media untuk mendesiminasikan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, utamanya tentang harmoni dan kedamaian bagi umat manusia.”

Kegiatan Hari Wayang Dunia IX ini diselenggarakan pada tanggal 01-02 November 2023 di ISI Surakarta. Kegiatan di dalamnya meliputi Ruwatan Masal, Seminar Nasional, Pameran wayang dan pertunjukan wayang berbagai gaya di Indonesia. Bertempat di Pendopo GPH. Joyokusumo, Teater Besar Gendon Humardani dan di Teater Kecil KRT Kusuma Kesawa.(*)

Editor : Pilih Nama Editor
Sumber :

Artikel Terkait