Jessica Asal Sukoharjo Sukses Berbisnis Lilin Aroma Terapi, Ini Rahasianya…

24 Mei 2023, 22:09 WIB

SOLO,LOKAWARTA.COM-Berawal karena ketertarikan dengan lilin aromaterapi, Jessica memutuskan untuk mulai belajar membuat lilin esensial alami berbahan dasar vegan.

Hingga akhirnya Jessica melihat peluang bisnis dan memulai menjual lilin buatan tangan dengan bahan dasar wax kacang kedelai yang dinilai lebih ramah lingkungan, serta sebagai bahan dasar pengganti parafin.

“Kami memiliki berbagai pilihan produk lilin aromaterapi dan reed diffuser dengan pemilihan nama menyesuaikan mood wangi produk,” jelas Jessica.

Hal itu dikatakan dalam media workshop bersama pelaku usaha asal Solo Raya di Canting Londo Kitchen, Rabu (24/5/2023).

Bleu Living, produsen lilin aroma terapi, merupakan salah satu UMKM asal Sukoharjo yang memanfaatkan Tokopedia untuk mengembangkan bisnis. Menurut Jessica, Tokopedia berkontribusi terhadap perkembangan usaha Bleu Living sejak 2020 hingga saat ini.

“Salah satu produk terlaris kami yaitu Sunday Morning, lilin aromaterapi dengan sensasi wangi segar dan manis, serta menenangkan seperti suasana Minggu pagi yang tenang,” kata pemilik usaha Bleu Living, Jessica.

Bleu Living juga aktif membuat paket bundling, salah satunya berkolaborasi dengan tea artisan, serta brand aksesori untuk menambah variasi produk dan meningkatkan transaksi.

“Selain itu, bisnis kami bergerak di bidang kerajinan tangan. Kami turut memberdayakan perempuan untuk ikut berkontribusi. Kami juga memberdayakan pengrajin lokal dalam pembuatan wadah Bleu Living,” ucap Jessica.

IMG 20230524 WA0078

Dikatakan, Bleu Living aktif mengikuti sejumlah kampanye di Tokopedia, seperti Waktu Indonesia Belanja (WIB), Ramadan Ekstra, TopAds dan fitur Paket Bundling yang berdampak signifikan terhadap jumlah transaksi Bleu Living.

Bahkan pada kuartal 1 2023, Bleu Living dapat mengirimkan produk terjauh yakni dari Sukoharjo Jawa Tengah ke Deli Serdang, Sumatra Utara.

“Dengan aktif menggunakan kampanye dan fitur Tokopedia, product page view Bleu Living mengalami kenaikan hampir 2,5x lipat pada bulan April 2023,” kata pegiat usaha yang memulai usahanya sejak lulus kuliah itu.

Kepala Departemen Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya menjelaskan, produk keset, tanaman dinding, lilin, lukisan dan tanaman artificial menjadi produk yang terlaris untuk kategori dekorasi terlaris di Solo Raya pada periode kuartal I 2023.

“Berkat hadirnya inisiatif Tokopedia di seluruh wilayah Indonesia menjadikan produk keset, tanaman dinding, lilin, lukisan dan tanaman artificial menjadi yang terlaris untuk kategori dekorasi terlaris di Kota Solo pada periode kuartal I 2023,” kata Ekhel Chandra Wijaya.

Tokopedia mencatat, pada kuartal 1 tahun 2023 dibanding kuartal 4 tahun 2022, terjadi peningkatan jumlah transaksi lilin aroma terapi di Kabupaten Sukoharjo, yakni hampir 1,5x lipat. Sedang jumlah pembeli lilin aroma terapi meningkat hampir 1,5x lipat pada periode yang sama.

“Kami berharap melalui inisiatif hyperlocal yang dihadirkan ini dapat mendorong pegiat UMKM khususnya di Solo Raya berani memulai dan kembangkan bisnis melalui pemanfaatan teknologi agar dapat memperkuat bisnis bahkan meningkatkan transaksi,” tutup Ekhel.(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait