Kadin Gelar Rapimkot di Pasar Ikan Balekambang, Ada 10 Hal yang Dibahas, Apa Saja?

18 Februari 2023, 06:42 WIB

SOLO,LOKAWARTA.COM-Kadin Surakarta menggelar rapat pimpinan kota (rapimkot) di Resto/Pasar Ikan Balekambang, Jumat (17/2/2023).

Rapimkot itu adalah yang pertama kali dilaksanakan di bawah kepemimpinan Ferry Indrianto sejak kepengurusan dilantik 20 Januari lalu.

Sebelum rapim, pengurus Kadin sempat sowan ke Wali Kota Gibran Rakabuming Raka untuk menyamakan persepsi antara program Kadin dan Pemerintah Kota Surakarta.

“Kadin harus memberi manfaat bagi masyarakat, pemerinta kota, serta para pengurus dan anggota,” kata Ferry sebelum menutup rapimkot.

Ada sepuluh hal yang dibahas yang dalam rapat pimpinan yang dihadiri sebagian besar pengurus harian tersebut.

  1. Penguatan kapasitas organisasi dan kelembagaan Kadin Surakarta sebagai organisasi inklusif, kolaboratif, dan progresif.
  2. Terlaksananya input 1.000 UMKM tayang di e-katalog LPSE Kota Surakarta dalam tiga tahun berjalan. Dalam program ini, Kadin akan terus melakukan pembinaan, pelatihan, dan pendampingan.
  3. Terbentuknya rumah kurasi yang bekerja sama dengan Bank Indonesia Solo. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas UMKM berdaya saing, dan berkualitas ekspor.
  4. Membantu pemerintah kota dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Solo, baik wisawatan domestik maupun mancanegara.
  5. Meningkatkan ekosistem digital, literasi, dan media sosial sebagai official Kadin Kota Surakarta, dengan mengoptimalkan KADINTV dan Youtube.
  6. Terselenggarannya Solo Great Sale (SGS) IX tahun 2023. “Untuk SGS kali ini beda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini kita mengutamakan impact atau manfaat bagi para tenant dari pada mengejar target,” kata Ferry.
  7. Upaya peningkatan kecakapan pelaku UMKM Kota Solo agar lebih berdaya saing serta pengembangan kompetensi utama yang dibutuhkan UMKM di era 4.0.
  8. Terjaganya konsistensi dan kepedulian lembaga Kadin Surakarta terhadap masalah sosial dan kemasyarakatan di Kota Solo.
  9. Terlaksananya kerja sama pemanfaatan aset BUMN/BUMD Kota Solo dan Kadin Surakarta sehingga lebih optimal dalam pengelolaan.
  10. Memberikan penyuluhan kepada perempuan pelaku usaha Kota Solo agar melek hukum.

Setelah rapim, para pengurus Kadin menyerahkan bantuan pangan non beras bagi para korban banjir di Kota Solo.

Sementara itu pengelola Resto dan Pasar Ikan Balekambang Liesmianingsih mengapresiasi dan berterima kasih pada Kadin Surakarta yang telah menggunakan Resto Balekambang sebagai tempat pelaksanaan rapim.

“Ini bentuk kepedulian teman-teman Kadin Surakarta kepada kami selaku pengelola Resto dan Pasar Ikan Balekambang yang belakangan menghadapi masalah,” kata mbak Lies.(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait