Kadin Solo Dapat Apresiasi di Ajang Kadin Impact Award, Kepala BI Solo : Bukti Sosialisasi QRIS Berhasil

14 Desember 2023, 19:40 WIB

SOLO,LOKAWARTA.COM-Kolaborasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia / BI Solo dengan BPC Kadin Surakarta dalam digitaliasi pembayaran / transaksi menbuahkan hasil.

Program sosialisasi transaksi digital menggunakan aplikasi QRIS (maupun platform pembayaran lainnya) yang dilakukan BI Solo bersama Kadin Surakarta dalam program Solo Great Sale melalui SGS GO tidak hanya meningkatkan transaksi nontunai di Kota Solo tapi juga mengantar Kadin Surakarta mendapatkan apresiasi di ajang Kadin Impact Award (KIA) 2023.

“Selamat kepada Kadin Surakarta yang mendapatkan apresiasi di ajang Kadin Impact Award (KIA) 2023 untuk kategori digitalisasi. Ini membuktikan program sosialisasi digitalisasi pembayaran atau transaksi nontunai yang dilakukan BI dan Kadin Solo berhasil,” kata Kepala BI Solo Nugroho Joko Prastowo.

Ya, SGS Go yang menjadi pelengkap dalam transaksi di event tahunan Solo Great Sale (SGS) mendapat apresiasi menjadi juara satu di ajang Kadin Impact Award (KIA) 2023. Penghargaan itu diterima Kadin Surakarta dalam kategori Digitalisasi, yang diserahkan bersamaan dengan acara Rapimnas Kadin 2023 di Jakarta.

IMG 20231214 193023

Tentunya penghargaan itu menjadi sebuah prestasi yang luar biasa bagi Kadin Surakarta. Sebab dalam ajang yang digelar pada Kamis 7 Desember 2023 tersebut, Kadin Surakarta berhasil menyisihkan Kadin wilayah lain baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

“Dari seluruh Kadin yang ada di Indonesia, yang masuk nominasi hanya 15. Dan yang akhirnya berhasil mendapatkan penghargaan hanya 10, termasuk Surakarta yang berhasil menjuarai kategori Digitalisasi,” ujar Ketua Kadin Surakarta Ferry Sephta Indrianto dalam jumpa pers, Rabu (13/12/2023)

Kadin Impact Award (KIA) baru digelar pertama kali oleh Kadin Indonesia untuk mengapresiasi, memotivasi dan menginspirasi Kadin di seluruh Indonesia, agar turut serta dalam upaya memajukan perekonomian daerah dan nasional.

Ajang ini tidak hanya mengukur kesuksesan dari sudut pandang keuntungan bisnis semata, tetapi juga dari aspek keberlanjutan, dan dampak sosial positif terhadap masyarakat.

Dan pengembangan aplikasi SGS Go dipandang sebagai langkah sukses Kadin Surakarta untuk ikut memberdayakan perekonomian daerah. Sebab dengan aplikasi ini, para pelaku usaha di wilayah Kota Solo dan sekitarnya bisa mendapatkan banyak keuntungan terutama dari sisi promosi.

IMG 20231214 193154

“Penghargaan ini juga menunjukkan bahwa event SGS yang sudah berjalan 9 tahun, telah mendapatkan pengakuan secara nasional. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk para pengurus Kadin Surakarta periode sebelumnya, yang telah sukses menyelenggarakan SGS, hingga bertahan sampai saat ini,” lanjut Ferry.

Tak lupa Ferry menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah berkolaborasi menciptakan ekosistem tersendiri, sehingga penyelenggaraan SGS selalu menuai sukses.

“Sejauh ini jalinan kerja sama yang unik antara Kadin Surakarta dengan para stakeholder untuk menyelenggarakan SGS hanya ada di Kota SOlo. Karenanya kita berharap hal ini bisa terus bertahan. Dan ke depan kita akan berusaha untuk terus meningkatkan jalinan yang ada,” tandas Ferry.

Meski sukses membawa Kadin Surakarta menjuarai KIA 2023 kategori Digitalisasi, aplikasi SGS Go bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Karenanya tim pengembang aplikasi tersebut akan terus melakukan evaluasi untuk bisa menyajikan aplikasi yang benar-benar sesuai kebutuhan.

“Saat ini kita terus melakukan evaluasi terutama terkait pengembangan teknologinya. Sehingga ke depan benar-benar bisa sesuai yang diharapkan,” imbuh Wakil Ketua Kadin Surakarta Farid Sunarto.(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait