Keamanan dan Kelancaran Jaringan Telekomumikasi di ASEAN Para Game Dikontrol Melalui Network Operation Center (NOC)

4 Agustus 2022, 09:45 WIB

LOKAWARTA.COM,SOLO-Untuk mengamankan jaringan komunikasi di event ASEAN Para Games XI, PT Telkom menggunakan Network Operation Center (NOC), sebuah perangkat infrastruktur yang melakukan kontrol terhadap sebuah jaringan atau network.

Kontrol tersebut meliputi pengawasan, pengendalian, serta mencatat aktivitas jaringan yang sedang berlangsung untuk memastikan semuanya berjalan sesuai yang dikehendaki.

Ada pun tujuan dari adanya NOC pada sebuah Data Center ini adalah untuk memastikan bahwa jaringan pada Data Center berfungsi dengan baik sesuai standar. Data Center bekerja 24/7, sehingga keberadaan NOC sangat perlu untuk memastikan agar hal tersebut tetap berjalan.

“Dengan adanya NOC, kami dapat memantau layanan jaringan yang digunakan masyatakat atau pengguna, utamanya terkait ASEAN Para Games,” kata Deputi EVP Infrastruktur Telkom Regional 4 Jateng dan DIY, Cholis Safrudin, ketika berbincang dengan wartawan di Solo, Rabu (3/8/2022).

Namun untuk event ASEAN Para Games XI, lanjut dia, Telkom menggunakan NOC yang ada di Solo yang jangkauanya lebih dekat tapi kapasitasnya lebih kecil atau yang disebut mini NOC. Untuk NOC yang kapasitasnya lebih besar ada di Jakarta yang biasanya digunakan untuk event yang lebih besar lagi dengan jangkauan lebih luas lagi.

Sebelumnya NOC di pusat pernah digunakan di event PON di Papua dan balap motor di Mandalika. “Untuk event pertemuan G20 di Bali yang akan datang, kita menggunakan NOC yang ada di pusat di Jakarta,” kata Cholis.

General Manager Telkom Witel Solo, Pribadi Nirwana menambahkan, dengan dukungan yang telah dilakukan PT Telkom, ketersediaan layanan jaringan telekomunikasi di event ASEAN Para Games XI aman. Khususnya saat pembukaan tanggal 30 Juli di Stadion Manahan Solo dan di 14 venues yang digunakan pertandingan hingga saat ini.

“Selama event Asean Para Games berlangsung, ada dua jalur konektivitas. Kika salah satu jalur terputus, secara otomatis langsung tersambung ke jalur lainnya, sehingga komunimasi tetap lancar selama event Asean Para Games berlansung,” kata Nirwana.

Dikatakan, Telkom terus menjaga kelancaran dan keamanan Jaringan Telekomunikasi hingga selesainya event Asean Para Games yang diikuti 11 negara tersebut hingga paripurna. Terutama saat penutupan tanggal 6 Agustus mendatang yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait