Kembangkan Keamanan Tehnologi Informasi, Bank Daerah Karanganyar Dapat Penghargaan IT Works Top Digital 2022

17 Desember 2022, 05:56 WIB

LOKAWARTA.COM,JAKARTA-Di penghujung tahun, PT BPR Bank Daerah Karanganyar (Perseroda) meraih penghargaan IT Works Top Digital Award 2022.

Top Digital Award itu seolah melengkapi penghargaan sebelumnya yang diraih Bank Daerah Karanganyar, yakni Top BUMD, Infobank, dan TOP GRC Good Corporate Governance.

Penghargaan Top Digital Award itu diterima langsung oleh Direktur Utama Bank Daerah Karanganyar Haryono dalam acara seremonial di Hotel Raffles, Jakarta, Kamis (15/12/2022).

Menurut Haryono, penghargaan Top Digital yang diraihnya adalah salah satu bukti pengakuan kepada Bank Daerah Karanganyar yang telah mengimplementasikan tata kelola IT dengan baik dan memanfaatkan Tehnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guna meningkatkan daya saing dan layanan perbankan.

“Di samping itu juga sebagai jaminan keamanan atas perangkat keras komputerisasi dan Core Bangking System yang digunakan dipastikan terjamin keamanannya bagi para nasabah Bank Daerah Karanganyar,” ungkap Haryono.

Dikatakan, keamanan IT berkembang sedinamis infrastruktur komputerisasi modern yang dilindungi, tapi lanskap ancaman berkembang lebih cepat kertimbang perubahan lingkungan dari titik rawan yang terus bermunculan.

IMG 20221217 054027

Begitu juga BPR Bank Daerah Karanganyar, salah satu BUMD perbankan yang telah berbadan hukum menjadi perseroan terbatas dan telah dikelola dengan profesional, transparan dan independent. BPR yang sahamnya 100 % milik Pemkab Karanganyar ini asetnya sudah Rp 500 miliar.

Secara berkelanjutan terus menerus, lanjut Haryomo, Bank Daerah Karanganyar meningkatkan kualitas Core Banking System yang telah digunakan dan sampai 2022 telah dilakukan Audit IT oleh PITSI maupun VEDA PRAXIS.

Core Banking System tersebut selama ini digunakan untuk mengantisipasi ancaman dan untuk evaluasi resiko serta membantu kelemahan untuk membentengi keamanan data para nasabahnya.

“Ini dikembangkan secara terus menerus dan ditingkatkan oleh Bank Daerah Karanganyar. Sehingga, keamanan data nasabah terjamin aman dan terkendali, baik nasabah tabungan, deposito atau pinjaman.”

Menurut Haryono, Bank Daerah Karanganyar telah menginvestasikan biaya hampir Rp 1 milyar. Investasi itu untuk keamanan dengan Firewall, pemadam api otomatis, pendingin ruang server dan peningkatan DRC serta peningkatan pelayanan digital lainnya agar mampu melayani sepenuh hati cepat dan nggak ribet.

“Semoga apa yang kita lakukan ini menambah tingkat kepercayaan para nasabah dan masyarakat Karanganyar untuk menjadi mitra bisnis Bank Daerah Karanganyar,” tandasnya.

Dan sebagai apresiasi bagi para nasabah, tahun ini Bank Daerah Karanganyar menyediakan sejumlah hadiah. Yakni, dua unit mobil dan lebih dari 15 sepeda motor. Ditambah TV, kulkas, sepeda gunung dan banyak lagi. Hadiahnya tetsebut diundi pada tahap II, Minggu (18/12/2022) di Alun Alun Kabupaten Karanganyar.

Bagi pengunjung, meski belum menjadi nasabah, juga disediakan hadiah doorprize 5 sepeda gunung, yakni dengan hadir dan ikut Senam Sehat bersama serta menyaksikan Hiburan Dhandut Musik.

“Saya selaku Direktur Utama PT BPR Bank Daerah Karanganyar mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, sehingga Bank Daerah Karanganyar semakin tumbuh berkembang dengan pesat,” kata Haryono.(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait