Kembangkan Program Pendidikan Berbasis TIK, FKIP UNS Gandeng Gradasi

26 Januari 2024, 09:15 WIB

SOLO,LOKAWARTA.COM-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (FKIP UNS) Surakarta dan Dewan Pengurus Pusat Generasi Digital Indonesia (DPP GRADASI) melakukan kerja sama.

Perjanjian kerja sama (PKS) ditandatangani Dekan FKIP UNSS Prof Dr Mardiyana dan Ketua Umum DPP GRADASI Muhammad Sidik K. Tomsia, disaksikan Ketua Gradasi Jawa Tengah Joko Sutrisno sekaligus ketua alumni FKIP UNS.

Penandatanganan yang dilakukan di kampus UNS Surakarta, Rabu (24/1/2024) itu, juga dihadiri sejumlah dosen dan pejabat struktural di FKIP UNS serta para pengurus GRADASI.

Perjanjian itu menyangkut, kerjasama pengembangan program pendidikan berbasis TIK dan kerja sama dengan jejaring mitra para pihak, baik jejaring mitra nasional maupun jejaring mitra internasional.

Dalam PKS itu, baik Prof Dr Mardiyana maupun Muhammad Sidik mengatakan, pendidikan harus dikembangkan untuk memenuhi hajat hidup masyarakat.

Pendidikan berbasis kewirausahaan akan menciptakan lulusan yang mampu menciptakan lapangan usaha. Sehingga, pengembangan pendidikan akan semakin efektif dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran.

GRADASI dan FKIP UNS memiliki tujuan yang sama dan saling melengkapi untuk bekerjasama pada beberapa bidang pendidikan yang utamanya dalam pemanfaatan TIK dalam pembelajaran,” kata mereka.

IMG 20240126 091107

Tujuan kerjasama adalah untuk meningkatkan hubungan kelembagaan antara kedua belah pihak untuk dapat saling menunjang dalam kerjasama pengembangan program peningkatan Kompetensi TIK untuk FKIP UNS.

“Selain itu kerja sama dengan jejaring mitra, baik jejaring mitra nasional maupun jejaring mitra internasional. berdasarkan prinsip saling memberi manfaat,” jelasnya.

Ada pun kerja sama itu meliputi penyelenggaraan pelatihan bersertifikat pada bidang TIK dalam pengembangan media pembelajaran pada Program Studi S1 Teknologi Pendidikan FKIP UNS, untuk bidang kompetensi :

  1. Multimedia Pembelajaran Interaktif
  2. Video Animasi Pembelajaran
  3. Bahan Ajar Digital
  4. Android Block Programming
  5. Mix Reality (Augmented dan Virtual Reality)
  6. Pengintegrasian Project-Based Learning Teknologi dengan Internet of Things

Sedang pengembangan kerjasama dengan jejaring mitra, baik jejaring mitra nasional ataupun jejaring mitra internasional dalam program :

  1. Pengelolaan jurnal
  2. Magang mahasiswa
  3. Seminar dan Workshop
  4. Pertukaran dosen dan mahasiswa
  5. Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

“Pelaksanaan kerjasama ini akan dievaluasi setiap tahun dan evaluasi akhir yang menyeluruh secara sistematik dan berkesinambungan,” kata Muhammad Sidik K. Tomsia yang akrab disapa Oni.(*)

Editor : Pilih Nama Editor
Sumber :

Artikel Terkait