Kontes Aquascape Nasional dengan Juri Internasional

14 Januari 2023, 18:06 WIB

SOLO,LOKAWARTA.COM-Membuat Aquascape kini menjadi hobi yang banyak dilakukan orang, bahkan kolektor, guna mengisi waktu luang selain meningkatkat produktivitas.

Aquascape merupakan seni mengatur, menata, menghias beberapa objek seperti tanaman, air, kayu, batu, karang, koral di dalam akuarium yang disebut juga sebagai tank, hingga tampak menjadi ekosistem makhluk hidup yang memiliki nilai estetis.

Hobi ini tumbuh subur dan menjamur pada saat pandemi vovid-19 lalu, di mana banyak orang melakukan aktifitas di rumah karena ada pembatasan sosial.

Nah, untuk mengakomodasi antusiasme para penggemar dan kolektor Aquascape pascapandemi ini, komunitas Aquascapers Solo (ASC) menggelar lomba setting Aquascape (taman dalam air) di Atrium Solo Grand Mall.

Lomba setting Aquascape yang kedua tingkat nasional bertajuk BATIQ #2 (Battle of Indonesian Aquascapers) selama dua hari, Sabtu-Minggu (14-15/1/2023) itu diikuti 40 peserta dari berbagai daerah, dengan juri berkapasitas internasional.

Selain kontes setting Aquascape tingkat nasional, acara tersebut juga menampilkan demonstrasi setting Aquascape oleh Juri profesional (Herry Rasio & Agussalim Jamaluddin), perang bintang setting Aquascape, dan juga pameran Aquascape.

Lomba live setting Aquascape yang berlangsung sekitar 5 jam tersebut menyediakan hadiah uang tunai kepada 3 pemenang utama dan pemenang tambahan sampai dengan Rp 5.000.000.

General Manager Solo Grand Mall Bambang Sunarno menyampaikan, lomba tersebut dapat mendorong para hobbyist Aquascape dan bahkan pengunjung yang menonton kontes tersebut untuk bisa mengembangkan hobi menarik menjadi peluang bisnis bernilai ekonomi.

“Hobi Aquascape seperti ini unik dan menyenangkan. Saat ini sudah banyak yang menggemari kegiatan semacam ini. Apabila dikembangkan menjadi sebuah usaha bisnis seperti UMKM, maka akan lebih baik lagi dampaknya kepada perekonomian di Kota Solo,” jelasnya.(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait