Libur Idul Adha, KAI Commuter Tambah 8 Perjalanan Commuter Line Yogyakarta – Palur dan Prambanan Ekspres

15 Juni 2024, 12:00 WIB

JOGJA,LOKAWARTA.COM-Sebagai antisipasi tren kenaikan pengguna Commuter Line di wilayah Yogyakarta yang diprediksi terjadi pada masa libur Idul Adha, mulai Sabtu – Selasa, (15-18/6/2024) KAI Commuter mengoperasikan 8 perjalanan Commuter Line tambahan.

“Commuter line atau kereta rel listrik (KRL) tambahan itu terdiri dari 6 perjalanan tambahan untuk Commuter Line Yogyakarta-Palur dan 2 perjalanan tambahan Comuter Line Prameks,” kata Anne Purba Corporate Secretary KAI Commuter dalam siaran pers.

Dengan penambahan perjalanan tersebut, Commuter Line Yogyakarta-Palur menjadi 30 perjalanan tiap hari mulai pukul 04.55 hingga pukul 22.35 WIB. Sedang Commuter Line Prameks menjadi 10 perjalanan tiap harinya mulai pukul 05.25 hingga pukul 18.27 wib. Untuk jadwal lengkap bisa diakses melalui Aplikasi C-Access maupun di website commuterline.id.

“Selama periode libur panjang Idul Adha tersebut KAI Commuter mengoperasikan total perjalanan Commuter Line di wilayah Yogyakarta sebanyak 40 perjalanan dengan total kapasitas angkut pengguna sebesar 48.240 orang per hari,” kata Anne Purba.

“Diprediksi total volume pengguna Commuter Line Yogyakarta-Palur sebanyak 89.311 orang dan volume pengguna Commuter Line Prameks sebanyak 12.990 orang,” jelasnya.

IMG 20240615 114140

Menurut data yang tercatat, Stasiun Yogyakarta kerap menjadi stasiun dengan jumlah pengguna terbanyak pada hari libur dengan rata-rata pengguna sebanyak 10-12 ribu orang tiap harinya. Untuk meningkatkan keselamatan bersama di tengah volume pengguna yang terus meningkat, Stasiun Yogyakarta juga menerapkan alur pergerakan pengguna yang baru.

Mulai Juni ini, para pengguna Commuterline Yogyakarta – Solobalapan / Palur diperkenankan naik ke peron setelah kereta datang dan pintu kereta dibuka. Sebelum kereta datang para pengguna diatur untuk tetap menunggu di area ruang tunggu pengguna Commuterline.

Selain itu, untuk menghindari kepadatan di stasiun tersebut, KAI Commuter mengimbau untuk naik Commuter Line Yogyakarta dari stasiun lainnya seperti stasiun Lempuyangan yang rata-rata volume pengguna sebanyak 3 – 4 ribu orang setiap harinya.

“Dengan penambahan operasional layanan ini diharapkan pengguna yang akan berlebaran ataupun berwisata menggunakan commuterline dapat lebih nyaman,” kata Anne.

Untuk transaksi pembayaran tiket, kata dia selanjutnya, dapat menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), Kartu Uang Elektronik Bank, atau QR Code Gotransit by Gojek. Sementara untuk pembelian tiket Commuter Line Prameks dapat dipesan melalui -Access By KAI mulai H-7 dari tanggal keberangkatan ataupun dengan menggunakan KMT dan Kartu Uang Elektronik Bank sesuai dengan kuota yang tersedia.(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait