Mahasiswa Unisri Solo Laksanakan Program Kreativitas Riset Humaniora di SMK Muhammadiyah 3 Nogosari Boyolali

2 Juli 2024, 13:43 WIB

BOYOLALI,LOKAWARTA.COM-Empat mahasiswa Universitas Slamet Riyadi / Unisri Solo melaksanakan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa Riset Sosial Humaniora di SMK Muhammadiyah 3 Nogosari, Dusun 1, Glonggong, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Keempat mahasiswa yang tergabung dalam satu kelompok dan melakukan riset, yakni Anik Solekha sebagai ketua kelompok, Fajar Indrajaya (bendahara), serta Melati Purbasari dan Arti Kumala Sari (divisi publikasi media) itu dibina oleh Ahmad Jawandi, selaku dosen pembimbing dalam pelaksanaan program.

Program kreativitas tersebut berjudul “Implementasi Pendekatan Cognitive Behaviour Theraphy (CBT) Terhadap Decision Choosing Leader Pada Pemilih Pemula Pelajar Gen Z SMK Muhammadiyah 3 Nogosari”.

Tujuannya, untuk meningkatkan pemahaman peserta didik sebagai generasi Z dalam mempertimbangkan sikap memilih serta berpikir kritis sebelum memberi keputusan.

Program didukung penuh kepala SMK Muhammadiyah 3 Nogosari Boyolali, Hidayati Rina Setyawati dan wakilnya, Arfina Lailatul Faiza. Riset Sosial Humaniora dilakukan terhadap 20 siswa, terdiri dari 8 perempuan dan 12 laki-laki selama tiga hari.

Hari pertama, 10 Juni 2024, sesi perkenalan anggota tim dan pemaparan tujuan penelitian. Setelah itu, penjelaspan informasi mengenai pendekatan Cognitive Behaviour Therapy (CBT) dan pemaparan karakteristik Gen Z dalam memilih pemimpin dengan keputusan yang bijak. Sesi terakhir, angket disebar untuk diisi para siswa sesuai sudut pandang mereka.

Kemudian pada pertemuan kedua, 12 Juni 2024, dilaksanakan pemaparan tentang penilaian calon seorang pemimpin oleh generasi Z dan tantangan apa saja dalam memilih seorang calon pemimpin yang baik.

“Selanjutnya, kami melakukan treatment bimbingan klasikal melalui simulasi permainan dari kartu profil pemimpin,” kata Anik Solekha sebagai ketua kelompok, dalam rilis media.

“Setelah itu, para siswa dibagikan dalam 5 kelompok yang terdiri dari 4 anggota disetiap kelompoknya lalu para siswa membaca dan menganalisis informasi yang ada di kartu dan membuat diskusi di dalam kelas.”

Pada pertemuan terakhir, 13 Juni, Anik Solekha sebagai ketua kelompok, membagikan lembaran post test melalui pembagian angket yang akan diisi para siswa serta melakukan evaluasi selama kegiatan berlangsung.

Di akhir kegiatan penelitian, para mahasiswa memberi kenang kenangan kepada para siswa sebagai salah satu bentuk apresiasi yang berpartisipasi selama kegiatan berlangsung.

Selain itu, mereka berterima kasih kepada bapak/ibu guru yang telah mendukung dan memfasilitasi selama kegiatan penelitian selama tiga hari di SMK Muhammdiyah 3 Nogosari.

“Sungguh merupakan pengalaman luar biasa dan tak dapat dilupakan. Semoga dengan adanya program ini dapat membantu para siswa berubah pola pikir melalui pendekatan Cognitive Behaviour Theraphy (CBT) agar selalu bijak dalam memilih calon pemimpin sebelum bertindak dalam mengambil keputusan,” pungkasnya.(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait