Mengapa Bulan Ramadan Identik dengan Puasa?

12 Maret 2024, 17:00 WIB

LOKAWARTA.COM – Tahukah kamu mengapa bulan Ramadan identik dengan ibadah puasa bagi umat agama Islam atau kaum muslim?

Menurut Kementerian Agama RI, umat Islam berpuasa selama Ramadan karena merupakan salah satu kewajiban yang diwajibkan Tuhan yakni Allah SWT kepada umat Islam sesuai dalam kitab suci Al-Quran.

Puasa Ramadan bermanfaat untuk meningkatkan kesabaran, ketakwaan, dan kepedulian sosial, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui ibadah dan introspeksi diri.

Tujuan puasa Ramadan adalah untuk meningkatkan kesadaran spiritual, pengendalian diri, empati terhadap yang kurang beruntung, dan memperkuat hubungan dengan Allah SWT melalui ibadah dan refleksi spiritual.

Selain itu, puasa Ramadan juga memperkuat rasa solidaritas dan persaudaraan di antara umat Islam di seluruh dunia.

Umat Islam menjalankan ibadah puasa selama bulan suci Ramadan karena puasa merupakan salah satu dari Lima Pilar Islam atau yang dikenal sebagai Lima Rukun Islam yang diwajibkan oleh Allah SWT.

Rukun Islam adalah dasar-dasar atau prinsip-prinsip utama dalam agama Islam yang harus dipahami dan dijalankan oleh setiap Muslim.

Lima Rukun Islam adalah:

  1. Syahadat yaitu bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah.
  2. Shalat yaitu menjalankan ibadah shalat lima waktu sehari semalam.
  3. Zakat yaitu memberikan sebagian dari harta yang dimiliki kepada yang berhak menerimanya, sebagai bentuk kewajiban sosial dan redistribusi kekayaan.
  4. Puasa yaitu menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan, menahan diri dari makan, minum, dan aktivitas yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari.
  5. Haji yaitu melakukan ibadah haji ke Kota Makkah setidaknya sekali seumur hidup bagi yang mampu secara fisik, finansial, dan peraturan lainnya.
Editor : Arumi Chan
Sumber :

Artikel Terkait