Menuju Aglomerasi Soloraya, Kadin Consulting Group (KCG) Gandeng ID Career Percepat Pengembangan SDM

31 Mei 2024, 12:00 WIB

SURAKARTA, LOKAWARTA.COM – Kadin Consulting Group atau KCG menggandeng ID Career untuk mempercepat pengembangan SDM demi menyambut aglomerasi Soloraya.

KCG mengambil langkah strategis tersebut untuk mempercepat pengembangan SDM dalam menghadapi tantangan aglomerasi industri dengan harapan mendorong investasi yang lebih produktif.

Ketua Kamar Dagang Industri Indonesia Cabang Surakarta (Kadin Solo), Ferry Septha Indrianto, menjelaskan, aglomerasi industri, yaitu pemusatan kegiatan ekonomi di suatu wilayah, menjadi tren untuk meningkatkan efisiensi dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Kadin Solo menangkap visi ini untuk mendorong kemajuan ekonomi kota Solo dan sekitarnya melalui aglomerasi Soloraya,” ujar Ferry Septha Indrianto dalam siaran pers Jumat (31/5/2024).

Kadin Consulting Group hadir dengan visi menjawab tantangan utama aglomerasi industri dengan menjalin kerja sama strategis dengan ID Career,” lanjutnya.

Menurutnya, permasalahan SDM seharusnya menjadi concern kita bersama. Sebab Indonesia akan mencapai momentum besar yakni bonus demografi yang pada puncaknya juga menjadi pencapaian sebuah bangsa yang berumur 100 tahun pada tahun 2045.

“Indonesia Emas bukan hanya sebuah wacana. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan banyak persiapan matang karena nasib bangsa kita akan ditentukan oleh orang-orang di dalamnya,” urai Ferry Septha Indrianto.

Sebagai upaya mempercepat pengembangan SDM, KCG dan ID Career mengundang berbagai pemangku kepentingan, termasuk praktisi dunia pendidikan dan industri, rektor, serta pimpinan sekolah, di acara “Industry Gathering: Empowering People, Optimizing Investment” di Bale Tawang Arum, Balaikota Solo, Kamis, 30 Mei 2024.

Tujuannya adalah menciptakan sinergi yang efektif antara dunia pendidikan dan industri dalam menjawab tantangan aglomerasi dan bersama-sama membangun sumber daya manusia yang berkualitas untuk mendukung investasi daerah.

Dalam acara itu, terdapat sesi penyerahan buku “Peta Jalan Indonesia Emas 2024” yang diterbitkan oleh Kadin melalui keterlibatan 60 pemangku kepentingan, mulai dari asosiasi sektor industri, akademisi, serikat pekerja, pemuka agama, hingga para pelaku industri.

Melalui program ini, KCG dan ID Career berharap dapat meningkatkan keterlibatan industri dalam persiapan karir lulusan serta rekrutmen kerja.

“Kegiatan ini dirancang untuk membekali siswa, mahasiswa, serta lulusan sekolah menengah dan perguruan tinggi dengan keterampilan relevan, baik soft skill maupun hard skill, serta karakter dan mentalitas sesuai kebutuhan industri,” papar Ferry Septha Indrianto.

“Sebagai langkah konkrit Kadin Surakarta dalam memperkecil gap yang selama ini terjadi antara dunia industri dan dunia pendidikan dalam memenuhi supply dan demand kebutuhan SDM-nya,” tambahnya.

Kadin Consulting Group (KCG) adalah lembaga pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baru saja didirikan oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surakarta.

ID Career adalah perusahaan yang didirikan oleh para CEO dan Career Expert yang fokus pada pengembangan SDM.

Editor : Arumi Chan
Sumber :

Artikel Terkait