Mewisuda 900 Lulusan UNS, Plt Rektor Dr Chatarina Muliana : Kuliah Pakai Otak Kiri, Setelah Lulus Gunakan Otak Kanan

28 Januari 2024, 07:05 WIB

SOLO,LOKAWARTA.COM-Pelaksana Tugas / Plt Rektor UNS Surakarta, Dr Chatarina Muliana mewisuda 900 lulusan UNS. Wisuda secara luring dan daring digelar di Auditorium GPH Haryo Mataram Universitas Sebelas Maret (UNS), Sabtu (27/1//2024).

“Atas nama pimpinan UNS, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada 900 wisudawan atas keberhasilan yang telah diraih,” kata Plt rektor dalam sambutannya.

“Setelah kami lepas kalian semua, segera hidup bermasyarakat, dengan memberikan kontribusi terbaik untuk kepentingan kemajuan bangsa dan negara Indonesia,” ujar Dr Chatarina.

Salah satu roses wisuda UNS adalah dengan memindahkan tali kuncir topi toga dari kiri ke kanan yang telah selesai dilakukan. Menurut dia, pemindahan itu adalah simbol, harapan.

Jika semasa kuliah lebih banyak menggunakan otak kiri atau hardskill, maka setelah kalian lulus diharapkan akan lebih banyak menggunakan otak kanan yang berhubungan dengan imajinasi, inovasi, kreativitas hingga softskill lainnya.

Kemampuan tersebut, kata dia, diyakini dapat mendorong munculnya ide-ide baru dan segar, yang akan mendukung kemampuan bersaing dan kesuksesan karier di masa depan.

“Nilai IPK tinggi, prestasi cumlaude yang kalian raih hanyalah sekadar pintu masuk untuk meraih pekerjaan yang lebih layak, tetapi nilai-nilai karakter yang kalian miliki yang ada pada diri kalian merupakan kunci kesuksesan karier dan hidup saudara,” imbuh Dr Chatarina.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebagai alumni perguruan tinggi, tidak hanya dituntut sekadar meneruskan keberhasilan para pendahulu saja, melainkan harus mampu menciptakan ide-ide besar dan cara baru yang selalu relevan, adaptif dengan perubahan zaman.

Ingatlah bahwa perubahan adalah hal yang pasti, sedangkan untuk mau berubah adalah sebuah pilihan. Namun jika memilih untuk tidak mau berubah, maka akan tertinggal oleh perubahan itu.

“Saya mengajak kepada para wisudawan untuk senantiasa melipat gandakan optimisme yang tinggi, karena kalian sebagai generasi muda adalah pagar depan perubahan dan menjadi sebab dari majunya sebuah peradaban.”

“Muda bukan hanya soal usia, tetapi soal semangat, gagasan dan cita-cita. Semoga para wisudawan UNS, akan berhasil lulus ujian di universitas kehidupan,” ujar Dr. Chatarina.

Sementara itu, dalam laporannya, Plt Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof Dr Ahmad Yunus MS menyampaikan, dalam wisuda periode I tahun 2024, UNS mewisuda 900 lulusan. Diantara para wisudawan tersebut terdapat 253 wisudawan dengan predikat cumlaude atau dengan pujian. Pada wisuda kali ini, terdapat 1 wisudawan yang merupakan mahasiswa luar negeri berasal dari negara Timor Leste.

Terdapat wisudawan  dengan capaian luar biasa, diantaranya wisudawan tercepat Program Doktor diraih oleh Edi Kurniawan dari Program Studi (Prodi) S3 Ilmu Pendidikan, lama studi 2 tahun 11 bulan. Wisudawan termuda Program Doktor diraih oleh Aditya Pandu Wicaksono dari Prodi S3 Ilmu Ekonomi, dengan usia 32 tahun 2 bulan.

Wisudawan tercepat program magister diraih oleh Laura Pattiiha dari Prodi S2 Kenotariatan, lama studi 1 tahun 9 bulan. Wisudawan termuda Program Magister diraih Dian Patarida Sitorus dari Prodi S2 Kenotariatan, dengan usia 24 tahun 4 bulan. Wisudawan tercepat program sarjana diraih Rahmad Rizki Nur Arifin dari Prodi Teknik Mesin, lama studi 3 tahun 4 bulan.(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait