Negosiasi dengan Pemkot Solo Deal, Pasar Ikan Balekambang Langsung Direvitalisasi, Pengelola Siapkan Rp 5 Miliar

22 Februari 2024, 09:31 WIB

SOLO,LOKAWARTA.COM-Negosiasi kerja sama dengan Pemkot Surakarta terus dilakukan oleh pengelola Pasar Ikan Balekambang Solo.

Pihak pengelola mengaku telah menyiapkan dana Rp 5 Miliar untuk revitalisasi pasar ikan di tengah Kota Solo tersebut. Jika kesepakatan deal dalam waktu cepat, pembangunan segara dilakukan usai Lebaran 2024.

“Andaikan adendumnya selesai, setelah Lebaran kami bangun. Dananya Rp 5 miliar full dari kami,” kata Liesmianingsih, selaku pengelola, usai pertemuan dengan Sekda di balai kota, Rabu (21/2/2024).

Dalam desain yang telah disiapkan, nantinya Pasar Ikan Balekambang akan dijadikan pasar ikan modern. Yakni, memadukan nuansa wisata edukasi dengan sensasi berbelanja ikan segar dalam satu lokasi yang sama.

IMG 20240222 092432

Dalam rencans revitalisasi, pengelola akan memaksimalkan pemanfaatan lahan pasar ikan Balekambang seluas 6.000 meter persegi itu.

Pihak pengelola akan melakukan sejumlah perubahan tata lokasi agar pasar ikan itu lebih menarik. Misal, area parkir Pasar Ikan Balekambang yang saat ini di bagian depan akan ditarik ke belakang.

Bagian depan akan dimanfaatkan untuk hal lain. “Bagian depan, bagian 1, nanti ada bangunan bentuk kapal dan pusat oleh-oleh,” ujar Liesmianingsih.

Kemudian, bagian 2 ada pasar ikan dua lantai. Bagian 3 ada Solo Sea, tempat edukasi dan rekreasi. “Dan bagian 4 ada pintu alternatif ke Stadion Manahan,” jelasnya.

Lebih lanjut mbak Lies mengatakan, ide peremajaan Pasar Ikan Balekambang bukan hanya sebagai lokasi dagang ikan tapi juga untuk memaksimalkan potensi wisata dan edukasi yang ada di kawasan sekitar.

“Dengan demikian, potensi pasar ikan bisa makin optimal mengingat transaksi hariannya berkisar hingga 20 ton per hari,” pungkasnya.(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait