Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina, Jokowi : Kanggo Nguri-uri Budaya Jawa

12 Desember 2022, 07:46 WIB

LOKAWARTA.COM,SOLO-Presiden Joko Widodo mengatakan, prosesi ngunduh mantu putra bungsunya Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Loji Gandrung Solo merupakan bagian dari “nguri-uri” atau memelihara warisan budaya Jawa.

“Budaya adalah warisan para leluhur. Mengenalkan budaya kita adalah kewajiban. Mencintai budaya adalah kewajiban kita bersama,” kata Presiden Jokowi.

Mengenalkan dan mencintai kebudayaan merupakan kewajiban. Kecintaan pada budaya harus ditunjukkan agar identitas budaya muncul kembali. “Agar karakter kita, karakter budaya kita bisa semakin kita cintai,” katanya.

Sementara itu, prosesi kirab ngunduh mantu pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Kota Solo, Minggu (11/12/2022) berlangsung meriah.

Ribuan warga Solo dan sekitar menyaksikan kirab pasangan temanten yang sangat meriah, yang mengambil start rumah dinas wali kota, Loji Gandrung itu hingga finish di Pura Mangkunegaran, tempat dilangsungkannya resepsi.

Sejumlah pejabat publik, menteri, selebriti, tokoh masyarakat, dan lainnya, terlibat kirab. “Banyaknya masyarakat yang nonton kirab membuktikan bahwa Pak Jokowi benar-benar dicintai rakyat,” kata Raffi Ahmad ketika dicegat wartawan.(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait