Osanando Raih Medali Perak Sea Games, Rektor Unisri : Kita Bangga dan Kita Beri Beasiswa S2

30 Mei 2023, 14:31 WIB

SOLO,LOKAWARTA.COM-Rektor Unisri Surakarta Prof Dr Sutoyo merasa bangga dan memberi apresiasi atas kesuksesan Osanando Naufal.

Mahasiswa semester enam Fakultas Hukum itu meraih medali perak / silver kyorugi under 80 kg di Sea Games Kamboja 2023.

Atas prestasinya itu pihak Universitas Slamet Riyadi / Unisri Surakarta memberi kado berupa beasiswa S2, setelah Osanando lulus S1.

“Unisri memberi beasiswa S2 dan mendapatkan respon dari Osanando. Jika diuangkan tinggi nilainya,” kata Prof Dr Sutoyo di sela penyambutan Osanando di kampus setempat, Senin (29/5/2023).

Selain mendapat beasiswa S2, atlet yang setiap hari berlatih dua sampai tiga sesi ini juga memperoleh penghargaan berupa uang.

Hal senada disampaikan Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi Surakarta, Soelarno. Pihaknya juga menyampaikan rasa terima kasih dan bangga atas prestasi Osanando

Ketua yayasan juga memberi dorongan bagi atlet-atlet UNISRI untuk lebih lanjut bergerak meraih prestasi lebih tinggi, untuk kepentingan bangsa.

“Dukungan juga kami berikan bagi semua mahasiswa berprestasi di segala bidang, sehingga banyak yang dicapai Unisri untuk kepentingan bangsa dan masyarakat,” kata Sularno.

“Pencapaian ini untuk menyiapkan generasi bangsa berkualitas, cerdas, berakhlak baik dan bertanggung jawab,” tandasnya.

Pemberian beasiswa S2 mendapat respon positif dari Osanando. Apalagi target dia setelah lulus adalah menjadi PNS.

Jika sudah S2 maka otomatis akan langsung mendapatkan golongan 3B. Di mana untuk meraih golongan ini dibutuhkan waktu lama, mencapai lima tahun, jika dari golongan 3A.

“Penghargaan yang diberikan UNISRI kepada saya ini jarang ditemukan di kampus-kampus lain, sehingga saya ajak teman-teman yang ingin jadi atlet ataupun sudah jadi atlet untuk masuk kampus ini,” ajak Osa.

Osanando merasa jika dirinya telah mendapatkan perlakuan istimewa menjadi mahasiswa, di mana sejak masuk sudah mendapatkan kemudahan, memperoleh beasiswa secara gratis dan mendapatkan toleransi kuliah. 

Toleransi kuliah dalam hal ini Osanando mengikuti kuliah secara daring, mengingat dirinya harus masuk Pelatnas, sebagai persiapan SEA Games 2023. 

Terkait toleransi kuliah yang diberikan kampus, Rektor Sutoyo menjelaskan jika seluruh atlet UNISRI tidak bisa tanpa kuliah, karena baginya atlet harus kuliah dan berlatih, sehingga jika menjadi atlet tidak mau kuliah maka akan diberhentikan. 

“Demikian juga jika atlet kuliah terus tapi tidak lagi mau menjadi atlet, juga diberhentikan, karena masuk di UNISRI melalui jalur beasiswa prestasi atlet,” ujarnya. 

Secara berturut-turut, Osanando telah meraih prestasi membanggakan untuk Indonesia dan UNISRI, di mana sebelumnya telah mendapatkan medali perunggu pada SEA Games di Vietnam 2022, dan medali emas di Vietnam.(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait