Pembukaan Galeri Investasi di Sekolah Tidak untuk Trading

1 Maret 2022, 08:02 WIB

LOKAWARTA.COM,SOLO-Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Tengah 2 (BEI KP Jateng 2) telah menambah 10 Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GI BEI), sepanjang 2021 lalu.

Dengan tambahan itu, kini total galeri investasi menjadi 26 galeri. Menurut Kepala Kantor BEI Jateng 2,M Wira Adibrata tambahan 10 galeri itu tidak hanya di lingkungan perguruan tinggi saja, melainkan juga merambah ke kominitas atau rganisasi dan SMA.

Sebelumnya galeri investasi hanya dibuka di perguruan tinggi. Seperti Universitas Sebelas Maret, Universitas Slamet Riyadi, UIN Raden Mas Said, Universitas Kristen Surakarta, Universitas Boyolali, dan lainnya.

“Saat ini tingkat SMA saja sudah ada pembelajaran tentang pasar modal, kami ingin edukasi lebih dini kepada siswa siswi,” kata Wira.

Untuk tingkat SMA, lanjut Wira, tidak ada target pembukaan rekening saham karena secara undang-undang pasar modal, yang boleh membuka rekening adalah yang sudah memiliki KTP.

“Ini murni untuk literasi, makanya untuk tingkat SMA namanya Galeri Investasi Edukasi,” imbuhnya.

Terdapat 2 GIE SMA di Solo Raya, yaitu SMA Muhammadiyah 1 Sragen yang bekerja sama dengan Unisri dan Phintraco Sekuritas serta SMA MAN 2 Surakarta bekerjasama dengan UIN Raden Mas Said Surakarta dan Indo Premier Sekuritas.

Sementara galeri lainnya adalah galeri investasi digital. Galeri ini khusus untuk instansi yang tidak memiliki kantor tetap seperti komunitas atau organisasi swadaya. Di Solo Galeri Investasi Digital didirikan di organisasi UMKM yaitu Generasi Digital Indonesia (Gradasi) Kota Surakarta.

“Diharapkan dengan galeri edukasi di kalangan pelaku UMKM digital ini mampu menambah literasi dan pemahaman para penguasaha dan bisa menjadikan pasar modal sebagai sarana atau peluang untuk meningkatkan asetnya,” kata Wira.

Berikut 10 Galeri Investasi tambahan sepanjang 2021:

  1. Galeri Investasi STMIK Sinar Nusantara
  2. Galeri Investasi Politeknik Pratama Mulia Surakarta
  3. Galeri Investasi Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta
  4. Galeri Investasi Universitas Setia Budi
  5. Galeri Investasi Fakultas Hukum & Bisnis Universitas Duta Bangsa Surakarta
  6. Galeri Investasi Universitas Surakarta
  7. Galeri Investasi Edukasi SMK Negeri Jenawi
  8. Galeri Investasi Edukasi SMA Muhammadiyah 1 Sragen
  9. Galeri Investasi Edukasi MAN 2 Surakarta
  10. Galeri Investasi Digital Generasi Digital Indonesia (GRADASI) Kota Surakarta
Editor : Pilih Nama Editor
Sumber :

Artikel Terkait