Pengalaman Menyenangkan Naik Kereta Wisata Priority : SERUUU

26 Juli 2023, 15:38 WIB

SOLO,LOKAWARTA.COM-Rombongan jurnalis dari Solo yang mengikuti kegiatan capacity building media yang diselenggarakan Bank Indonesia di Jakarta “diangkut” naik Kereta Wisata Priority.

Bagi para jurnslis bisnis dari berbsgai media tentu memberi pengalaman baru, sebab sebelumnya belum ada yang naik kereta wisata tersebut meski sudah cukup lama dioperasikan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Dan bisa ditebak, kalau ada hal baru selalu bikin heboh. Terutama saat karaoke bersama di atas kereta api. Bahkan perawatipun ikut bernyanyi bersama.

“Tak tandur pari, jebul tukule malah suket teki,” seru Ari Sunaryo saat menyanyikan lagu Didi Kempot berjudul Suket Teki.

Berangkat dari Stasiun Solobalapan pukul 12.15 WIB, para wartawan dan para pegawai Bank Indonesia Solo yang mendampingi diantar dan ditemani tiga pramugari/pramugara kereta api.

IMG 20230726 154415

Namun sebelum naik kereta, para jurnalis itu singgah di ruang transit stasiun untuk ngopi dan briefing serta pembagian IID Card VIP Passenger.

Dan di atas Kereta Wisata Priority yang berada dalam satu rangakain dengan KA Arga Semeru, para jurnalis mendapat penjelasan dari pramugari tentang fasilitas Kereta Wisata yang berkapasitas 30 orang itu. Seperti :

  1. AVOD (Audio Video On Demand) touch screen
  2. Mini Bar
  3. Karaoke System
  4. TV Layar Lebar (Big Screen)
  5. Foot Rest
  6. Toilet eksklusif
  7. Bagasi tiap kursi.

Selain fasilitas itu, para penumpang juga diperbolehkan wira-wiri di atas kerete, main game, dan membuat acara apa pun.

Para pramugari dan pramugara juga siap melayani saat dibutuhkan. Mereka wira-wiri di atas kereta menawarkan makanan dan mengambili tempat makan dan sisa sisa makan.

“Kalau mau makan silakan ambil sendiri, modelnya prasmanan. Untuk menu hari ini, ada sop, oseng-oseng kangkung, lodeh tempe, tahu bacem, ayam goreng, dan nasi. Ada jeruk, pisang, orange joice, dan air mineral, kata Vero, pramuniaga kereta.

IMG 20230726 154127

Waktu tempuh dari Stasiun Solobalapan ke Stasiun Gambir Jakarta sekitat 7,5 jam. Sehingga berangkat dari Solo pukul 12.00, tiba di Jakarta pukul 19.45. WIB. KA hanya berhenti hanya di beberapa stasiun saja yang dilewati.

Meski perjalanan cukup jauh dan waktunya cukup panjang, dari Solo ke Jakarta, namun para awak media tidak capek tapi tampak ceria dan segar karena menikmati perjalanan dengan ceria.

“Naik kereta api itu menyenangkan, pasti ada pengalaman baru, ada cerita didalamnya,” kata Siti Fatimah dari RRI Surakarta.(*)

Editor : Pilih Nama Editor
Sumber :

Artikel Terkait