PKM, Pintu Masuk Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional

31 Desember 2022, 06:59 WIB

SOLO,LOKAWARTA.COM-Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta mendorong para mahasiswa untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan setiap tahun oleh Kemendikbud Ristek.

Untuk membekali para mahasiswa dalam program tersebut, Kamis (29/12/2022), pihak Unisri gelar pelatihan penyusunan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pendanaan Tahun 2023 di auditorium kampus setempat yang dihadiri 330 peserta, terdiri dari mahasiswa semester 3 dan 5.

Dalam pelatihan itu, menurut Andri Astuti Itasari, selaku koordinator PKM, para mahasiswa akan mendapatkan materi dari berbagai skema. Yakni, PKM Penelitian, PKM Pengabdian Masyarakat, PKM Kewirausahaan, PKM Artikel Ilmiah dan Gagasan Tertulis, serta PKM Gagasan Futuristik Konstruktif.

Selain materi dari berbagai skema, dalam kesempatan itu, para peserta juga diajak sharing oleh salah satu mahasiswa Unisri yang lolos PIMNAS tahun 2022. Sharing terkait tips dan trik bagaimana lolos PKM.

Pelatihan menghadirkan narasumber. Yakni, Naili Amalia MM yang menjabarkan deskripsi umum tentang Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), kemudian Dr Dora Kusumastuti yang menjelaskan PKM Penelitian, Dr Sumarmi tentang PKM Pengabdian dan Yannie Asri Widanti, STP, M Gizi tentang PKM Kewirausahaan).

Selanjutnya Shifa Rana Tsari, SH, MKn dan Irvia Resti Puyanda, STP, MSc menjelaskan tentang Artikel Ilmiah dan Gagasan Tertulis, Andri Astuti Itasari tentang Gagasan Futuristik Konstruktif, dan terakhir Ramadio, salah satu mahasiswa Unisri yang lolos PIMNAS 2022, yakni inspirasi, tips and trik, serta sharing pengalaman.

Pelatihan penyusunan Program Kreativitas Mahasiswa PKM dibuka Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama, Prof Dr Sutoyo MPd. Dalam sambutannya, Prof Sutoyo atas nama universitas mengucapkan terimakasih pada tim yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan penyusunan proposal PKM tahun 2022 pendanaan tahun 2023.

Dimana dalam kesempatan itu telah melakukan tahapan dalam rangka unggah proposal yang dilalui dengan pelatihan PKM, yang luarannya nanti dalam bentuk proposal.

Lebih lanjut Prof Sutoyo mengatakan, PKM merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek dan Unisri selalu mengikuti event tersebut dengan pengajuan proposal PKM.

“Rata-rata tiap tahun PKM mahasiswa Unisri lolos, karena semakin tahun input mahasiswa semakin bagus. Maka kita dorong mahasiswa untuk berprestasi di bidang penalaran akademik dan salah satunya mahasiswa KIP Kuliah,” kata Prof Sutoyo.

Dikatakan, prestasi Unisri dalam PKM tertorehkan di tahun 2022 dengan lolosnya 2 dan lolos Pimnas yang akhirnya juara ll ditingkat nasional dengan skema pengandian masyarakat. Selain itu, ada lagi dua kelompok KMI lolos tingkat nasional, tetapi belum menang. Tapi, ini tetap yang dinamakan prestasi mahasiswa.

“Kami berharap mahasiswa KIP Kuliah atau yang lain mampu menorehkan prestasi. Selain akan membanggakan diri sendiri, orang tua dan institusi, kampus juga akan mberi penghargaan bagi peserta yang mulai mengunggah proposal dan masuk ke tahapan berikut di Program Kreativitas Mahasiswa atau PKM,” pungkasnya.(*)

Editor : Vladimir Langgeng

Sumber :

Artikel Terkait