Prof Dr Achmad Fatchul Aziez Raih Guru Besar, Kado Istimewa Dies Natalis UTP Solo Ke 43

7 Juni 2023, 06:37 WIB

SOLO,LOKAWARTA.COM-Prof Dr Achmad Fatchul Aziez menjadi dosen pertama di UTP Surakarta yang meraih gelar guru besar sejak perguruan tinggi itu berdiri 1980.

Tentu saja itu menjadi kado istimewa bagi Universitas Tunas Pembangunan (UTP) yang tahun ini memperingati dies natalis ke 43, tepatnya tanggal 17 Juli.

Penetapan Prof Dr Achmad Fatchul Aziez sebagai guru besar bidang ilmu tanaman berdasar Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 26513/M/07/2023 tentang Kenaikan Jabatan Akademik / Fungsional Dosen.

Kepala LLDIKTI Wilayah VI Bhimo Widyo Handoko menilai, profesor di bidang ilmu tanaman masih terbilang langka di Indonesia,”Karena itu nanti, kita akan banyak memanfaatkanya.”

Disela penyerahan SK guru besar UTP di kampus setempat, Selasa (6/6/2023), Bhimo berharap, gelar guru besar yang diraih Prof Dr Achmad Fatchul Aziez dapat memantik para dosen UTP lainnya, terutama yang sudah doktor dan lektor kepala, untuk meraih gelar yang sama.

Di UTP, lanjut dia, sudah ada dua guru besar, yakni Prof Achmad Fatchul Aziez dan Prof Winarti yang kini menjabat rektor. Hal itu tentu akan memudahkan dalam memberi bimbingan para dosen yang sudah lektor dan doktor untuk meraih gelar profesor.

“Kehadiran guru besar atau profesor akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta meningkatkan branding atau kepercayaan perguruan tinggi di mata masyarakat,” kata Bhimo.

Hal senada dikatakan Rektor UTP Surakarta Prof Dr Winarti. Dia menyampaikan apresiasinya kepada Prof Aziez atas pencapaian gelar baru sebagai guru besar pertama UTP di bidang ilmu tanaman.

“Ini merupakan sebuah pencapaian tertinggi dari seorang dosen atau pengajar sehingga perlu kita apresiasi dan kita dukung,” kata Prof Winarti dalam sambutannya.

“Saya berharap dengan gelar baru dari Prof Aziez bisa menginspirasi civitas akademika di UTP untuk mengikuti jejak beliau di jenjang pendidikan yang lebih lagi. Selain itu bisa menaikkan mutu pendidikan khususnya di Fakultas Pertanian UTP,” ujarnya.

Sementa itu Prof Dr Aziez Fatchul Aziez juga berharap, dengan bertambahnya guru besar semakin menambah motivasi civitas akademika di UTP untuk terus berkarya dan memperbesar peluang serta kebermanfaatan di dunia pendidikan.

Dia juga merasa bersyukur atas gelar guru besar yang diterima. “Perjuangan untuk mendapatkan gelar profesor bukanlah hal yang mudah, penuh perjuangan dan banyak halang rintang yang harus dilalui,” tandasnya.(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait