Sekar Manggala Jawara

2 Juli 2024, 08:18 WIB

SOLO,LOKAWARTA.COM-ISI Solo mempersembahkan karya tari berjudul “Sekar Manggala” dengan koregrafer Ajeng Safitri dan Andini Azka, Komposer Dewayana. Novy Annanta Putri, Auranisa Rizka Prasita, Ajeng Nirmala Suryana Putri, Davina Darafrida, Oknabila Rizqi Lailianti, Raden Ajeng Cahyaning Savitry Ary Murty, Andini Azka Buci Arifiani sebagai penari.

Karya tari yang dibimbing dosen ISI Solo Didik Bambang Wahyudi dan Anggono Kusumo Wibowo tersebut didukung 20 pemusik serta 5 mahasiswa sebagai tim produksi.

Karya Tari “Sekar Manggala” persembahan ISI Solo terinspirasi dari sosok wanita pemberani sebagai panglima perang dan ahli strategi dalam perang Diponegoro. Dia adalah sosok egaliter, menjunjung tinggi emansipasi wanita, dan juga kukuh dalam menjaga karakter bangsa.

IMG 20240702 081251

Tari “Sekar Manggala” mencoba mengungkap sifat dan sikap tokoh perempuan yang berpembawaan anggun, sikap tegas, dan pemberani serta memiliki jiwa yg besar untuk negeri.

Nah, dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah / Peksimida 2024 tangkai lomba tari yang digelar oleh Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Jawa Tengah di Gedung Teater Kecil ISI Solo,24-27 Juni 2024, Tari Sekar Manggala persembahan ISI Solo tampil menjadi juara pertama.

Sebanyak 25 perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Tengah ikut serta dalam kompetisi tangkai lomba tari garapan, tahun ini. “Melalui tahapan proses latihan yang intensif, Tim ISI Solo berhasil meraih peringkat pertama dalam tangkai lomba tari tingkat Jawa Tengah,” kata Humas ISI Solo Anhar Widodo.

Prestasi ini sekaligus menjadikan ISI Solo sebagai wakil Jawa Tengah untuk mengikuti Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) tangkai lomba tari yang akan diselenggarakan pada bulan September 2024 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait