Singkirkan 4 Negara, Uang Rupiah TE 2022 Raih Best New Banknote Series dari IACA

19 Mei 2023, 00:34 WIB

SOLO,LOKAWARTA.COM-Prestasi internasional diraih Bank Indonesia. Uang Rupiah Tahun Emisi 2022 yang terdiri dari 7 pecahan yang diterbitkan Bank Indonesia mendapatkan penghargaan dari International Association of Currency Affairs (IACA).

Tujuh uang pecahan Rupiah itu, yakni pecahan Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp 5.000, Rp2.000, dan Rp1.000 itu dinobatkan sebagai best new banknote series pada Currency Award ke-17 tahun 2023 di Meksiko (16/5).

Dalam event tersebut, Bank Indonesia mengalahkan 4 (empat) finalis lainnya yaitu Bank Sentral Costa Rica, Bank Sentral Meksiko, Bank Sentral Filipina, dan Bank Sentral Bahamas.

Ada pun unsur penilaian pemenang ditentukan melalui kriteria yang mencakup inovasi dan keunikan fitur keamanan, integrasi unsur sejarah dengan konten lokal yang berkaitan dengan negara penerbit, efektivitas dari integrasi fitur keamanan, dan estetika tampilan serta desain uang kertas.

“Capaian pada posisi tertinggi dari uang Rupiah Tahun Emisi 2022 dalam penghargaan tingkat dunia tersebut merupakan salah satu bentuk afirmasi dunia internasional atas kualitas uang Rupiah Indonesia,” kata Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono dalam siaran pers, Kamis (18/5/2023).

“Kesuksesan ini merupakan kelanjutan dari pencapaian sebelumnya yang diraih oleh Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia pecahan Rp75.000 sebagai finalis best commemorative pada Currency Award tahun 2022.”

Sebelumnya, Bank Indonesia meluncurkan uang Rupiah TE  2022 pada 17 Agustus 2022 bertepatan dengan momen peringatan 77 tahun kemerdekaan RI, yang dicetak seluruhnya di dalam negeri oleh Perum Peruri.

IMG 20230518 231727

Uang Rupiah TE 2022 mengusung tema  “Bersatu Dalam Rupiah, Berdaulat di NKRI” dengan menampilkan Pahlawan Nasional, ragam budaya dan lanskap Nusantara.

Uang Rupiah tersebut dilengkapi berbagai penguatan dan inovasi pada aspek desain, unsur pengaman, dan bahan uang agar uang Rupiah semakin indah, lebih aman, dan lebih tahan lama.

“Inovasi dan penguatan pada uang Rupiah itu menjadikan uang Rupiah semakin mudah dikenali, sulit untuk dipalsukan, serta memiliki masa edar lebih lama sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan sebagai alat pembayaran yang sah dan simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Erwin.

Perlu diketahui, IACA Curency Awards merupakan penghargaan yang diberikan terhadap pencapaian atas perkembangan dan inovasi di sektor pembayaran tunai yang diikuti oleh 29 negara pada tahun 2023. Puncak penghargaan ini dikemas dalam konferensi yang diadakan di Kota Meksiko.

Penghargaan IACA dimulai sejak tahun 2007 untuk mempromosikan dan mengakui kualitas uang kertas dan uang logam, proses, manajemen, distribusi dan aktivitas yang berkaitan dengan uang tunai.

IACA, berkedudukan di Texas, AS, berdiri tahun 2004, merupakan organisasi non-profit independen yang mendorong kualitas siklus uang tunai, berfungsi sebagai wadah konsultansi dan kolaborasi bagi para pelaku sistem pembayaran tunai yang anggotanya terdiri dari bank sentral, otoritas penerbit uang, serta industri seperti perusahaan pencetakan uang, pemasok bahan pencetakan uang.(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait