Solo Bersama Selamanya Tertib Bagikan 10 Ribu Paket Sembako, Gibran Beri Pujian

6 April 2024, 12:00 WIB

SURAKARTA, LOKAWARTA.COM – Menjelang Lebaran 2024, ada momen kebersamaan yang membawa keberkahan bagi masyarakat kota Surakarta (Solo) dari Solo Bersama Selamanya.

Gerakan kemasyarakatan Solo Bersama Selamanya atau SBS membagikan sekitar 10 ribu paket sembako bagi masyarakat yang membutuhkan di Benteng Vastenberg, Sabtu (6/4/2024).

Ketua SBS Tanu Kismanto menjelaskan, kegiatan SBS ini sudah 16 kali dilakukan meski sebenarnya sudah memasuki tahun ke-17. Karena SBS sempat berhenti 1 kali karena pandemi Covid-19.

“Target minimal dapat sepuluh ribu paket sembako tercapai,. Jadi per paket isinya 3.5 kilo beras, 1 botol minyak goreng, 1 kg gula, ada produk UMKM, mie telur 5 bungkus dan ditaruh di ember agar mudah membawa,” papar Tanu Kismanto, Sabtu (6/4/2024).

Diakui, memang ada tantangan tersendiri dalam menyelenggarakan kegiatan Solo Bersama Selamanya ini. Terutama soal gejolak harga bahan pangan yang berdampak pada nominal iuran dari para donatur.

“Secara nilai satu paket senilai Rp 100 ribu namun tahun ini karena adanya gejolak harga dinaikkan menjadi Rp 120 ribu. Ini menjadi tantangan buat kita bahwa untuk penggalangan dana memang harus lebih,” tutur Tanu Kismanto.

“Tetapi karena guyub-nya semua pengusaha, organisasi, dan semuanya stake holder di solo ini, alhamdulillah tercapai,” imbuhnya.

Adapun pihak-pihak terlibat dalam kesuksesan kegiatan sosial SBS tersebut, kata Tanu, hampir semua lapisan masyarakat di Kota Solo.

Mulai dari pengusaha, perbankan, OJK, perusahaan seperti KAI, perorangan kelompok-kelompok arisan, Kadin dan lain sebagainya.

Dijelaskan, mekanisme distribusi sembako menggunakan kupon. Tiap donatur yang telah berkontribusi 100 paket akan mendapatkan 50 kupon untuk dibagikan ke lingkungannya.

Sedangkan 50 kupon sisanya akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan oleh panitia SBS.

Pihaknya juga berusaha meminimalisasi kendala. Tahun ini, pengambilan sembako melalui 2 pintu Benteng Vastenberg secara terpisah yakni dari pintu timur dan barat. Sehingga lebih memudahkan masyarakat yang mengambil.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang hadir menyampaikan terima kasih kepada para tokoh masyarakat yang tergabung dalam Solo Bersama Selamanya serta melihat antusiasme masyarakat yang tinggi.

“Dari zamannya Pak Rudi (Wali Kota Solo sebelumnya) sampai sekarang kompak terus. Jumlahnya 10 ribu ya, rutin terus. Ya pasti menjelang Lebaran ini sangat membantu sekali,” kata Gibran.

“Jadi bantuan bantuan dari para tokoh dan para pengusaha ini luar biasa,” imbuh Gibran.

Ketika ditanya terkait penyelenggaraan SBS tersebut, Gibran memuji panitia yang mengkoordinir sehingga pengambilan sembako berlangsung tertib dan lancar.

“Sudah bagus, nggih. Tiap tahun kan tertib seperti ini. Pakai kupon, ada yang di-drop di kelurahan,” ujar Gibran.

Editor : Arumi Chan
Sumber :

Artikel Terkait