Telkom dan Huawei Berkongsi, Ini Tujuannya…..

26 Desember 2023, 11:50 WIB

JAKARTA,LOKAWARTA.COM-Di penghujung tahun 2023, PT Telkom Indonesia (Persero) bersama Huawei Indonesia sepakat membangun kerja sama strategis dalam pembangunan layanan dan solusi Business to Business (B2B).

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) oleh Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya dan CEO of Carrier Network Business Group Huawei Indonesia, Steven Wang di Telkom Landmark Tower, Jakarta, Kamis (14/12), menandai kesepakatan itu.

Turut hadir pula Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid, CEO Huawei Indonesia, Long, CTO Huawei XToB Business, Jennifer Zhang, Direktur Huawei Cloud APAC, Benson Qin, serta CEO Huawei Cloud Indonesia, James Zhang.

“Melalui nota kesepahaman strategis ini, diharapkan Telkom dan Huawei dapat bekerja sama dalam menyediakan layanan digital cloud baik untuk SME, enterprise, dan government,” kata Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya dalam sambutannya.

“Ini sesuai inisiatif perusahaan untuk terus dapat memimpin segmen pasar B2B IT di Indonesia melalui strategi Five Bold Moves. Kami juga berharap kolaborasi ini dapat mengakselerasi pengembangan talenta digital Indonesia untuk memperkuat bisnis dan komunitas lokal.”

Dalam MoU, kolaborasi Telkom dan Huawei Indonesia meliputi dua pilar strategis. Yaitu kerja sama strategis B2B, di mana Telkom dan Huawei Indonesia bekerja sama mengeksplorasi dan menerapkan teknologi terkini dalam layanan digital, cloud, dan data center untuk membangun serta memperkuat keahlian dan kemampuan yang diperlukan untuk menjalankan kerja sama bisnis B2B dan meningkatkan revenue serta profitabilitas.

“Upaya ini diharapkan dapat menciptakan kesempatan dalam menumbuhkan aliran pendapatan baru untuk segmen B2B Telkom yaitu konglomerasi, pemerintah, dan usaha kecil-menengah (UKM),” katanya.

Sementara pilar kedua adalah percepatan pembangunan keahlian TelkomGroup melalui kerja sama pelaksanaan program pelatihan dan sertifikasi yang berfokus pada pengembangan keahlian digital dan inovasi.

CEO Huawei Indonesia, Long, mengapresiasi Telkom atas kerja sama yang luas dengan Huawei untuk menghubungkan mereka yang belum terhubung dan berkontribusi terhadap transformasi digital Indonesia.

Pihaknya akan terus meningkatkan pembangunan infrastruktur digital untuk membangun jaringan cloud cerdas yang terdepan di dunia, dan berorientasi masa depan yang akan mendukung implementasi strategi digital Indonesia.

“Kami yakin, bersama-sama kita akan menorehkan tonggak penting lain dalam kerja sama strategis antara Telkom dan Huawei,” ujar Long.(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait