Tiga Tahun, Hetero for Startup Jaring 4.126 Bisnis : Bisnis Meningkat Karyawan Bertambah

2 Juni 2023, 09:15 WIB

SOLO,LOKAWARTA.COM-Dalam tiga tahun pelaksanaannya, Hetero for Startup telah menjaring 4.126 bisnis dari 7 kategori (f&b, fashion & craft, technology, wellness, creative, agriculture dan renewable energy) dari seluruh Indonesia.

Berdasarkan survei dari alumni Hetero for Startup (Season 1 dan 2), bisnis mereka mengalami peningkatan omzet rata-rata 250% setelah mengikuti program inkubasi di Hetero for Startup.

Alumni Hetero for Startup Season 1 dan 2 juga mengalami peningkatan jumlah karyawan rata-rata 60%. Hal ini akan memberi dampak penyerapan tenaga kerja yang semakin besar dan peningkatan perekonomian di lingkungan usaha mereka.

Di bagian legalitas bisnis, sekitar 8 dari 10 bisnis yang mengikuti program Hetero for Startup belum memiliki badan usaha maupun legalitas lainnya. Lalu setelah mengikuti program Hetero for Startup, para alumni telah memiliki badan usaha maupun legalitas bisnis yang diperlukan.

Pada aspek keberlanjutan bisnis, 100% dari alumni Hetero for Startup yang masuk ke tahapan bootcamp, bisnisnya terus berkembang. Untuk aspek pendanaan, 40% dari alumni berhasil mendapatkan pendanaan untuk bisa mengembangkan bisnis mereka.

Nah, Hetero for Startup Season 3 sudah memasuki penghujung acara Setelah melalui tahap pendampingan secara offline yang dilaksanakan di Solo mulai Rabu sampai Sabtu (24-27/05/2023), 35 peserta melakukan Demo Day yang terdiri dari Pitching dan networking Session.

Senin (29/05/2023), mereka mengikuti Pitching untuk menjelaskan bisnis peserta terutama progres yang didapatkan selama program berlangsung. Proses penilaian dilakukan oleh tim dari lintas disiplin ilmu dan lembaga.

Salah satu peserta, Farrel dari Fisiohome menyampaikan kesannya selama mengikuti rangkaian Hetero for Startup Season 3. Dia mengaku dapat banyak insight, banyak kenalan dan mentor yang bagus.

“Kita jadi lebih tahu gimana cara mengelola bisnis yang baik, marketing yang benar, bagaimana memajukan bisnis. Kita dikasih challenge ya, bagaimana melihat brand brand yang sudah tumbuh lebih dari 20 tahun (dalam case saya ini kunjungan ke susu murni nasional),” kata dia.

“Intinya banyak insight yang didapatkan khususnya untuk kita para startup yang ingin berkembang ke level selanjutnya”, ungkap dia.

Hal senada dikatakan alumni lainnya, Komang dari Tarunira. Menurut dia, kegiatan Hetero for Startup sangat menyenangkan dan juga menantang karena banyak hal yang dipelajari di sini. Dibimbing sama mentor-mentor yang profesional, bertemu dengan rekan-rekan dari seluruh Indonesia yang sangat keren, belajar usahanya dari mereka.

“Dan tentunya saya juga bisa banyak belajar mengembangkan ketrampilan bisnis saya dan mengembang tugas sebagai putra daerah untuk terus belajar dan berproses. Terima kasih Hetero for Startup Season 3. Semangat dan maju terus,” katanya.

Di hari Selasa (30/05/2023), para peserta melakukan kunjungan ke PT Persis Solo Saestu dan dilanjutkan ke PT. Naruna Ceramic. Di situ, para peserta belajar untuk menemukan lebih banyak insight yang memberikan penguatan pada bisnis mereka masing masing.

Hetero for Startup Season 3 diakhiri dengan sesi bersama dengan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng, Eddy Sulistiyo Bramiyanto, sebagai representatif pemerintahan yang mendukung ekosistem bisnis startup di Hetero Space Semarang.

Sementara itu, Agung Pambudi selaku Project Leader berharap program Hetero for Startup bisa menjadi ajang untuk bertumbuh bersama bagi seluruh peserta yang ikut. Bukan hanya mencari siapa yang terbaik, tetapi berjalan bersama untuk bertumbuh dan berkembang bersama.

“Hasil dari program Hetero for Startup Season 3 diharapkan bisa memantik semangat anak muda untuk terus berkarya, memperkaya konten dan manfaat yang diberikan, memberikan dampak yang luas dan menjadi local heroes di daerahnya masing-masing.” (*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait