Unisri, Satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta Di Solo Raya yang memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi

9 Juni 2023, 10:00 WIB

SOLO,LOKAWARTA.COM-Universitas Slamet Riyadi / Unisri Solo menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang memiliki lembaga sertifikasi profesi atau LSP.

Bahkan, kata Wakil Rekror Bidang II Unisri Solo Suprayitno, LSP Unisri Solo berdiri satu tahun setelah LSP UNS (Universitas Sebelas Maret) Surakarta.

“Beberapa tahun lalu kita dan UNS diundang Universitas Islam Negeri / UIN Raden Mas Said yang ingin mendirikan LSP untuk menjadi narasumber memberi penjelasan di kampus setempat. Itu jelas menjadi kebanggaan kita karena perguruan tinggi swasta menjadi narasumber bagi perguruan tinggi negeri,” kata Suprayitno.

Hal itu dikatakan ketika memberi sambutan dalam acara penyerahan sertifikat profesi pada 9 alumni Unisri yang dinilai kompeten atau lulus uji sertifikasi profesi.

Acara itu sekaligus sebagai sarana untuk pamit bagi Suprayitno yang menjabat Direktur LSP Unisri. “Sebagai wakil rektor tidak boleh rangkap jabatan,” kata Suprayitno.

Lebih lanjut Suprayitno mengatakan, banyak manfaat yang didapat bagi perguruan tinggi yang mempunyai lembaga sertifikasi profesi. Sebab, saat ini setiap lulusan perguruan tinggi yang mau melamar pekerjaan sering kali ditanya, apakah mempunyai sertifikasi profesi.

Dengan mempunyai LSP sendiri, kata Suprayitno, maka perguruan tinggi tidak perlu mendatangkan lembaga sertifikasi profesi dari luar untuk membekali sertifikasi profesi bagi para lulusan.

“Tapi saya berharap, bagi lulusan yang sudah menggenggam sertifikasi profesi tidak sibuk mencari pekerjaan, namun mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain,” kata Suprayitno.(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait