Unisri Tingkatkan Kualitas Penelitian Para Dosen, Ini Jurusnya…

26 November 2023, 07:39 WIB

SOLO,LOKAWARTA.COM-Para dosen dan peneliti Universitas Slamet Riyadi / Unisri Surakarta didorong untuk meningkatkan kualitas riset / penelitian dan memperluas jangkauan penelitian hingga level internasional.

Hal itu dikatakan Wakil Rektor I Bidang Akademi Unisri Saiful Bahri ketika membuka seminar research fair national (refanas) bertema peningkatan kualitas luaran penelitian yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat di kampus setempat, Sabtu (25/11/2023),

“Kita menekankan kepada LP2M agar menggerakan teman-teman dosen untuk meningkatkan budaya riset dan pengabdian, syukur-syukur mendapat pendanaan dari luar,” kata Saiful.

Dalam kesempatan itu, Sauful juga mengingatkan pentingnya riset yang digarap bersama-sama atau kolaborasi antar bidang melalui LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) dan pusat studi.

“Logikanya, kalau proposal riset digarap sendirian akan terasa berat tapi kalau digarap bersama-sama, bergotong royong, mudah-mudahan akan terasa ringan,” jelasnya.

“Dalam riset kolabirasi itu, kita harapkan pusat studi yang ada di Unisri bisa menjadi penggerak sesuai dengan bidangnya,” pungkasnya.

Dalam laporan, Kepala LP2M Unisri Dr Anita Trisiana menyampaikan, seminar refanas adalah kegiatan rutin setahun sekali yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas penelitian atau riset.

“Dengan refanas ini kita bisa melakukan evaluasi, riset kita seperti apa, hasil dan luarannya seperti apa sehingga dari tahun ke tahun riset kita terus meningkat kualitasnya,” kata Dr Anita.

Pihaknya berharap, akan banyak tim peneliti Unisri yang akan membuat proposal untuk diajukan. Ia mengatakan, kalau tahun 2023 ini Unisri baru mendapat dana hibah untuk 4 penelitian dan 4 pengabdian, dihatapkan tahun bisa bertambah.

“Ayo kita bersama-sama berkompetisi untuk meningkatkan kualitas proposal penelitian kita agar mendapatkan dana hibah dari pemerintah,” katanya.(*)

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait