UNS Sabet Juara Satu dan Dua Lomba Paduan Suara RRI Surakarta, Unisri Juara Tiga

12 Agustus 2022, 08:24 WIB

LOKAWARTA.COM,SOLO-Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang menurunkan dua tim berhasil menyabet juara satu dan dua dalam lomba paduan suara mahasiswa yang diselenggarakan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Surakarta, Kamis (11/8/2022).

Ada pun Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta merebut juara tiga. Dua finalis lainnya, Universitas Islam Negeri (UIN) Surakarta dan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta masing masing meraih juara harapan satu dan dua.

Bagi juara satu, dua, dan tiga mendapat hadiah berupa tropi dan uang pembinaan masing-masing Rp 10 juta, Rp 7,5 juta, dan Rp 5 juta. Hadiah diserahkan anggota DPR RI Muhammad Toha dan Kepala RRI Surakarta.

Lomba diikuti 13 tim paduan suara mahasiswa (PSM) dari berbagai perguruan tinggi se Surakarta. “Meski hanya juara tiga, kami tetap bangga bisa membawa nama baik Universitas Slamet Riyadi,” kata Nathanael Timur, salah seorang peserta.

Dalam sambutannya, Kepala Stasiun RRI Surakarta Atik Hindari mengatakan, paduan suara adalah salah satu budaya Nusantara. RRI sebagai lembaga penyiaran publik sekaligus rumah rakyat Indonesia konsisten dalam pelestarian seni budaya. Salah satunya melalui ajang kompetisi paduan suara ini.

IMG 20220812 081355

“Ini (Lomba PSM-) ajang soliditas, sportivitas yang ujungnya menghasilkan keharmonisan dalam berinteraksi sesama mahasiswa,” ungkap Atik ketika membuka lomba di Auditorium Sarsito Mangun Kusumo, RRI Surakarta.

Dalam kesempatan itu, Atik mengapresiasi Tim Kreatif Kamar Event 51 yang menyelenggarakan lomba tersebut. Termasuk seluruh sponsor yang telah mendukung dari lomba paduan suara mahasiswa RRI Surakarta 2022.

“Tidak lupa kepada perguruan tinggi yang mengikuti lomba hari ini. Saya berpesan dewan juri untuk melakukan tugas secara obyektif dan profesional, untuk mendapatkan juara yang benar-benar juara,” tandasnya.

Tiga juri yang kompeten dihadirkan dalam lomba PSM itu. Yakni, Arga Rakasiwi salah satu konduktor muda Indonesia, lulusan S1 Pendidikan Seni Musik dan kini menempuh S3 Ilmu Pendidikan Seni di UNY.

Lalu, Jefry Franklin Bode, mantan anggota Paduan Suara Mahasiswa Undip 2005 dan kini menjadi pelatih vokal dengan segudang prestasi. Ketiga, Redi Saptono, pengajar vokal Yamaha Music School dan pelatih vokal grup dan paduan suara sekolah maupun PSM.

Editor : Vladimir Langgeng
Sumber :

Artikel Terkait